Kanchanaburi, Menyimpan Kisah Kelam dan Pesona Wisata Thailand Yang Berbeda




Kanchanaburi adalah sebuah destinasi wisata di sebelah barat Negeri Thailand yang punya daya tarik unik bagi semua wisatawan, dari mulai pecinta alam, petualang, sampai pengagum sejarah. Di tempat ini, Anda akan terbius saat menyaksikan beberapa fakta peninggalan tragis sejarah Thailand pada masa menjelang Perang Dunia ke-II. 

Tak hanya itu, masih ada banyak keunikan lainnya yang layak Anda jelajahi ketika datang mengunjungi daerah ini. Lihat 8 tempat populer yang kerap dikunjungi di Kanchanaburi berikut ini.

1. Jembatan Sungai Kwai

Sungai Kwai begitu sering muncul di film-film dan karya sastra, sungai ini menjadi tujuan ideal bagi Anda yang ingin bersantai sambil mencari ketenangan. Disepanjang tepi sungai, Anda bisa menemukan berbagai resor mewah dan restoran berkelas, yang menawarkan sajian spektakuler, dengan dikelilingi pemandangan alam yang indah. 

Kalau Anda suka berpetualang, Anda bisa memilih untuk makan atau bermalam di salah satu restoran dan hotel mengapung yang terkenal di tepi sungai ini. Di sini juga ada sebuah jembatan besi terkenal yang tidak boleh Anda lewatkan keunikannya. Jembatan ini akan menjadi objek menarik bagi Anda yang suka fotografi.

2. Museum Hellfire Pass Memorial

Setiap museum menyimpan kisah sejarah, dan kisah yang dimiliki museum ini sungguh amat memilukan. Yaitu menceritakan tentang bagaimana tentara Jepang memaksa para tahanan tentara sekutu untuk membangun jalur kereta api melewati Burma dan Thailand Barat. Museum ini pun tepat didirikan di lokasi para tahanan bekerja rodi siang dan malam, dengan diterangi obor menyala bak api neraka.

Dibangunnya Museum Hellfire Pass Memorial oleh Royal Thai Armed Forces Development Command dan pemerintah Australia, bertujuan untuk memperingati sejarah pembangunan jalur kereta api Thai – Burma, sekaligus menghormati para korban jiwa yang meninggal saat itu. 

3. Dunia Gajah “Elephant’s World” Thailand

Terdapat laporan bahwa ada beberapa tempat penangkaran gajah di Thailand yang tidak memperlakukan hewan-hewannya dengan baik. Mereka memisahkan bayi-bayi gajah dari ibunya, menggunakan kandang kecil, dan bentuk penyiksaan lainnya.

Namun di Elephant’s World, mereka justru merawat gajah-gajah berusia tua yang sudah pensiun dari tuntutan bekerja. Salah satu tujuan didirikannya tempat penangkaran ini adalah memberi kebebasan bagi gajah-gajah untuk menikmati hari-hari terakhir hidupnya tanpa harus bekerja. 

Elephant’s World juga menyelamatkan gajah-gajah dari perlakuan manusia yang semena-mena. Tempat ini juga memperbolehkan para pengunjung berinteraksi langsung dengan gajah, sembari menikmati pemandangan alam Sungai Kwai.

4. Air Terjun Erawan

Air terjun ini menjadi salah satu yang paling terkenal keindahannya di Taman Nasional Erawan, lokasinya tidak jauh dari Kota Kanchanaburi. Para pengunjung wisatawan boleh berenang di beberapa kolam di kawasan sekitar air terjun ini. 

5. Taman Nasional Srinakarin

Taman Nasional Srinakarin menjadi pilihan lain yang menarik bagi pengunjung wisatawan pecinta alam. Di dalamnya terdapat air terjun Huay Mae Khamin yang spektakuler dan tak kalah populer dengan Erawan. 

Para petualang juga bisa mengunjungi gua-gua yang ada di sekeliling taman ini. Sedangkan wisatawan pencinta seni tentu tidak akan melewatkan lukisan prasejarah Tham Sawandan Tham Phra, yang juga menggambarkan Sang Buddha.

6. Jalur Lintas Kereta Api Thai - Burma

Kanchanaburi punya daya tarik pariwisata yang besar untuk para turis yang tertarik mempelajari kisah kelam sejarah Thailand, pada masa menjelang Perang Dunia ke-II. Jalur lintas keretaapi Thai – Burma alias Death railway dibangun agar para tentara Jepang bisa menyeberangi perbatasan Burma menuju utara – barat. 

Jalur kereta ini masih aktif dan Anda yang menumpangi kereta ini bisa menikmati pemandangan alam, Three Pagodas, sawah terasering, pertanian, peternakan, sembari mengenang para korban yang tewas di masa pembangunannya.

7. Kuil Big Buddha di Wat Tham Sua

Berjalan mendaki tangga yang tinggi bisa amat melelahkan, tapi untuk mengunjungi Wat Tham Sua semua jerih payah Anda mencapainya akan layak terbayar. Di sini, Anda akan banyak menemukan patung harimau di mana-mana, bersama sebuah patung Buddha emas raksasa yang berdiri megah tepat di tengah kawasan kuil.

8. Pemakaman Perang Don Rak

Kompleks pemakaman ini terletak berseberangan dengan jalur kereta api Kanchanaburi di Jalan Saengchootoe. Ada sebanyak hampir 7.000 jasad dimakamkan dikomplek ini, yang terdiri dari bangsa Australia, Belanda, dan Inggris, yang menjadi tahanan perang dan tewas dalam pembangunan jalur kereta api Death railway.

Di Kanchanaburi juga ada Puncak Galaksi yang sangat terkenal. Lokasinya di sebuah pegunungan nan indah dengan hamparan padang rumput yang luas dan hijau. Anda bisa menyaksikan ribuan pagoda dari sudut pandang ini. 

Selain udara sejuk, suasana tenang, dan pemandangan yang menakjubkan, disini Anda juga bisa melihat gugusan galaksi bintang dilangit malam.

Kisah kelam sejarah Thailand mungkin akan membumbui setiap perjalanan wisata Anda selama berada di Kanchanaburi, berbaur dengan keindahan alam Thailand dan fasilitas wisata yang berkelas, semuanya pasti akan menjadi pengalaman wisata yang berbeda dan tak akan terlupakan.

Ada banyak penawaran promo tiket murah pesawat dan booking hotel murah yang cukup terjangkau di Negeri Thailand. Anda bisa cek harga tiket pesawat dan kamar hotel di Reservasi.com.


Anda sedang tertarik mempelajari bagaimana menghasilkan dollar dari internet, Anda dapat pelajari dipostingan, klik disini Ulasan Lengkap kumpulan peluang menghasilkan dollar dari internet





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kanchanaburi, Menyimpan Kisah Kelam dan Pesona Wisata Thailand Yang Berbeda

0 komentar:

Post a Comment

Mari berdiskusi, tinggalkan komentar , dengan koreksi, saran dan masukan sobat, semoga postingan kali ini lebih bermanfaat untuk pembaca lainnya.