Mau memelihara Kucing Persia, 13 Perilaku Kucing yang Perlu diketahui

Memelihara kucing persia pertama kali ini banyak pertanyaan, bingung apa yang harus dilakukan dengan perilaku kucing. agar tidak bingung tentunya kita harus cari tahu untuk sekedar pengetahuan, agar kita bisa tahu dengan perilaku kucing, kemudian langkah apa yang harus dilakukan.

Jika anda baru memelihara kucing persia, hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain, pasir untuk tempat BAB, scop untuk mengambil kotoran di pasir, tempat makanan dan makanannya, potong kuku, letakan di tempat yang mudah dijangkau kucing.

Untuk memberikan gambaran apa yang harus dilakukan, menurut saya anda perlu mengetahui perilaku kucing, berikut ini ada 13 perilaku kucing, mudah-mudahan setelah mengetahuinya anda bisa menyesuaikan dengan perilaku kucing dan anda tidak bingung lagi harus melakukan apa, dan hari-hari anda bersama kucing baru anda menyenangkan.


Mau memelihara Kucing Persia, berikut 13 Perilaku Kucing yang Perlu diketahui

1. Mengapa kucing mengeong pada manusia?
Beda dengan sesama kucing yang menandakan sosialisasi, kucing mengeong pada manusia, terutama saat lapar, adalah berusaha menipu manusia. Ia mencoba meniru suara bayi agar dikira bayi oleh majikannya sehingga ia mendapatkan perhatian pula dari sang majikan layaknya perhatian yang diberikan sang manusia kepada anaknya.

2. Mengapa kucing tidur melulu?
Kucing tidur rata-rata 16 jam sehari. Hal ini untuk mencharge tubuhnya untuk berburu. Ketika berburu, kucing menggunakan energi secara mendadak, besar-besaran, dan cepat agar dapat menangkap buruan secara efisien.

3. Mengapa kucing marah pada orang yang tidak dikenal?
Itu tanda dominasi. Kucing menunjukkan eksistensi dirinya sebagai individu. Tindakan menatap matanya langsung adalah tanda konflik dan kucing dapat marah walaupun tatapan itu sebentar. Orang asing yang baunya tidak dikenal kucing harus menghindari kontak mata agar tidak memberi sinyal konflik.

4. Mengapa kucing Mengeong pada sesama kucing?
Kucing mengeong sebagai sinyal sosial kepada sesama kucing. Sinyal sosial ini bisa berupa pertanda kalau ia butuh bantuan, merasa senang, atau merasa puas.

5. Mengapa kucing Menjilati wajah atau rambut anda?
Mengapa hal itu terjadi, sebuah pengalaman dari anak kucing yang baru lahir, yang induknya lakukan adalah menjilati dan membersihkan tubuh anaknya. Grooming adalah perwujudan kasih sayang dan kepedulian yang dicurahkan oleh kucing. Jadi, jika kucing anda kadang-kadang menjilati rambut anda atau menjilati wajah anda, maka itu sebagai curahan bahwa ia menunjukkan kasih sayang dan kepedulian terhadap anda. Nah, apakah kucing anda menjilati rambut atau wajah anda?

6. Mengapa kucing menjilati tubuhnya setelah dipegang?
Berbeda dengan menjilati anda, kucing punya kelenjar yang terangsang ketika mereka menyentuhkan bulunya. Itulah feromon atau bau khas kucing sebagai penanda individu. Manusia juga punya bau yang dapat dicium kucing. Jika kucing mencium bau manusia di tubuhnya, bau karakteristiknya sendiri dapat tertutupi. Bau manusia begitu tajam sehingga mengalahkan bau sang kucing sendiri. Sang kucing tidak terima ini dan segera menjilati bulunya agar bau manusia hilang dan baunya kembali. Tidak heran begitu anda memeluknya terlalu lama, ia akan segera lari dan membasuh dirinya.

7. Mengapa kadang kucing memijat-mijat?
Ketika anak kucing menyusu, biasanya anak kucing akan memijat atau mendorong-dorong tangan/ cakar terhadap ibunya, baik sebagai tanda kepuasan atau mendorong aliran susu. Ketika kucing dewasa, maka kucing memijat  untuk menunjukkan kepuasan dan kesenangan.

8. Mengapa kucing menggaruk dinding (scratching)?kucing mencakar
Perilaku tersebut dilakukan untuk menajamkan kukunya agar dapat mencengkeram mangsa lebih kuat. Jika dilakukan di dekat makanannya atau AB nya, tindakan ini untuk mengubur kedua benda kontradiktif tersebut

9. Mengapa kucing mengubur kotorannya dan kencing di daerah tertentu?
Hanya kucing inferior yang mengubur kotoran. Dalam dunia hewan, terdapat hewan alpha dan inferior. Hewan alpha (Kucing Dominan) adalah penguasa teritorial karena kekuatannya atau kualitas fisik lainnya. Hewan inferior tidak boleh berperilaku seperti hewan alpha karena berarti menantang untuk berkelahi terhadap hewan alpha. Kucing alpha boleh BAB di berbagai tempat tanpa mengubur kotorannya. Kucing alpha boleh kencing sembarangan. Baik BAB maupun kencing adalah tanda bahwa daerah tersebut adalah daerah kekuasaannya. Kucing inferior yang BAB di wilayah tersebut harus mengubur kotorannya agar tidak diketahui oleh alpha. Ia juga harus pipis di wilayah khusus yang diperbolehkan oleh sang alpha. Jadi, jika kucing anda mengubur kotorannya dan pipis di tempat yang itu-itu melulu, kucing anda bukan kucing jagoan.

10. Mengapa kucing suka menggosokkan tubuhnya pada kaki atau benda?
Sama seperti kencing dan BAB bagi kucing alpha, kucing menggosokkan dirinya pada benda sebagai tanda benda tersebut adalah miliknya. Kucing memiliki feromon dan feromon alias bau khas ini menempel pada benda-benda tersebut. Kucing lain yang ingin menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing lain tidak akan berani menggosokkan tubuhnya kecuali ia berani mengambil resiko konflik agraria. Jadi, jika kucing menggosokkan tubuhnya ke kaki anda, itu tandanya ia merasa anda adalah miliknya.

11. Mengapa kucing berdesis pada burung?
Itu tanda kekalahan. Kucing tidak mampu menangkap sang burung sebagai mangsa sehingga menunjukkan kekesalannya dengan berdesis

12. Mengapa kucing bersalto?
Hal ini dilakukan untuk memperoleh sudut terbaik untuk mencengkeram mangsa sehingga mangsa efektif tertangkap. Lemparkan gulungan kertas, ia juga akan bersalto.

13. Mengapa kucing mendesis ketika marah?
Ini disebut mimikri ular. Kucing sedang meniru ular karena bagi sangkucing, ular adalah hewan berbahaya. Ia punya taring seperti kucing, tetapi punya bisa. Kucing tidak punya bisa, tetapi dengan meniru desis ular, ia berharap lawannya mengira kalau ia juga punya bisa yang mematikan. Biasanya kucing mengarahkan telinganya menjadi datar ketika mendesis, tebak untuk apa, untuk meniru kobra.

Sekian ulasan tentang judul posting Mau memelihara Kucing Persia, 13 Perilaku Kucing yang Perlu diketahui, selanjutnya simak juga 10 Kemungkinan penyebab Kucing Persia Meong meong terus 
Sumber referensi :
http://wawashahab.blogspot.com/2012/11/16-perilaku-kucing-yang-perlu-diketahui.html#ixzz47ADqvmeF





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mau memelihara Kucing Persia, 13 Perilaku Kucing yang Perlu diketahui

2 komentar:

  1. Wah saya tertarik tuh kang memelihara kucing persia tapi sayang harganya mahal banget kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan luamyan harganya, saya juga ga beli dikasih saudara gan

      Delete

Post a Comment

Mari berdiskusi, tinggalkan komentar , dengan koreksi, saran dan masukan sobat, semoga postingan kali ini lebih bermanfaat untuk pembaca lainnya.