10 Hal yang perlu diketahui untuk Perawatan Smartphone

Smartphone ini canggih, terkadang membuat pemiliknya lupa akan perawatan, lagi asyiknya lupa berhenti, menggunakan smartphone ini juga ada batasannya, kalau tidak membuat handphone smartphone eror dan cepat rusak.

Perangkat smartphone ini ada dua software dan hardware, untuk software ini sistemnya, ini menurut saya tidak begitu dipermasalahankan, karena ketika eror sistem bisa di instal atau diflash, sedangkan kalau yang rusak hardware, ini sudah jelas tidak bisa dipakai, perbaikannya harus ganti spartpart dan ini mahal, seperti rusak pada LCD, baterai yang sudah ngedrop.

Baca juga : Handphone Lenovo A 369i sudah sering eror flas saja


10 Hal yang perlu diketahui untuk Perawatan Smartphone



Berikut adalah 10 Hal yang perlu diketahui untuk Perawatan Smartphone,

1. Jangan Semalaman Mengisi Daya Baterai

Mungkin kebanyakan dari pengguna sering melakukan ini yaitu mengisi daya smartphone anda bahkan sampai semalaman, alasan dari setiap orang yang melakukan kesalahan fatal ini pasti sama yaitu agar baterai yang terisi penuh saat keesokan harinya dapat segera digunakan.

Jika anda selalu melakukan kebiasaan ini bahkan setiap hari, mulai dari sekarang ubah kebiasaan tersebut karena daya Smartphone anda bukannya awet malah akan memperpendek ketahanan baterai anda bahkan bisa sampai rusak atau bocor.

Kinerja dari smarphone anda juga akan menurun bahkan akan menjadi lemot dan bukannya akan membantu aktivitas anda dengan Smartphone melainkan anda harus direpotkan daya yang selalu cepat habis, akibatnya anda harus bolak balik mengisi dayanya. Repot bukan.

Tetapi tenang bagi anda yang mempunyai charger yang bisa memutuskan daya jika baterai sudah penuh, tetapi tetap ini adalah cara yang salah dalam merawat Smartphone

2. Tidak Menggunakan Screen guard

Kebanyakan dari pengguna Smartphone selalu melupakan aksesoris penting ini, yaitu lupa memasang pelindung layar atau screen Guard. Padahal ini sangat penting dalam menjaga layar Smartphone anda dalam kemungkinan jatuh atau terbentur.

pasti anda tidak menginginkan Smartphone yang baru anda beli dengan harga yang mahal tiba-tiba atas kecerobohan anda sendiri terjatuh hingga layar retak.

Antisipasilah menggunakan Screen Guard agar anda tidak membayar lebih mahal lagi untuk perbaikan.

Tetapi bagi anda yang mempunyai budget lebih dapat membeli sebuah Smartphone yang telah memiliki pelindung layar bawaan yang baru-baru ini telah banyak dipasaran di Indonesia.

Jenis-jenis screen protector pun sangat beragam, mulai dari anti-glare, anti-spy, tempered glass hingga gorilla glass yang bisa melindungi layar Handphone kamu dari benturan-benturan keras.

3. Menggunakan Charger Tidak Resmi

Kesalahan lainnya yang dianggap remeh adalah tidak menggunakan Charger resmi atau ‘’original’’. Kebanyakan dari orang berpendapat bahwa setiap charger itu sama ‘’asalkan port chargernya masuk atau cocok pakai saja’’.

awas ini fatal walaupun setiap port charger cocok tetapi voltase yang di butuhkan berbeda-beda. Jikaterus-terusan dilakukan bahkan setiap hari dalam jangka waktu yang lama akan membuat baterai terbakar.

Jika charger rusak dan tidak bisa dipakai lagi pasti untuk menghemat biaya kita akan membeli charger baru dengan harga yang terjangkau sampai-sampai kita tidak memikirkan kualitas charger tersebut bagus atau tidak untuk Smartphone kesayangan kita.

Lebih baik mengeluarkan biaya lebih membeli charger original dari pada suatu hari harus menanggung biaya lebih banyak lagi untuk membeli baterai baru. Membeli charger baru dan original seharusnya langsung datiang ke service center untuk pemesanan charger karena lebih aman dan di tempat resmi.

4. Terlalu Banyak Menggunakan Aplikasi 

Setelah anda membaca ini segera periksa Smartphone anda dan menyeleksi mana aplikasi yang tidak anda butuhkan dan mana yang benar-benar anda butuhkan, mungkin karena banyaknya aplikasi yang menarik dan gratis yang tersedia. Seringkali kita menginstall terlalu banyak aplikasi bahkan ‘’yang tidak penting pun’’ kita download.

Selain penyimpanan memori akan cepat penuh terlalu banyak aplikasi akan membuat kinerja Smartphone anda menjadi lemot. Jadi download aplikasi seperlunya saja, yang sekira-kiranya penting saja.

Baca juga : PENGALAMAN MENGGUNAKAN LENOVO A369i

5. Semua Koneksi dibiarkan aktif 

Pasti terkadang anda bingung mengapa daya baterai anda boros cepat sekali habisnya sehingga anda selalu mencharger Smartphone anda dikarenakan daya yang selalu cepat habis, Padahal jarang sekali digunakan. Nah, coba cek koneksi yang aktif seperti GPS, Bluetooth, Data, atau Wifi anda apakah anda selalu mengaktifkannya sepanjang hari.

Jika ia mulai dari sekarang aktifkan konektivitas yang penting saja.

Oleh karena itu, usahakan untuk mematikan koneksi jaringan saat tidak terpakai. Misalnya saat tidur, pastinya kamu tidak akan memakai handphone saat tidur kan? Nah jangan lupa untuk mematikan semua koneksi agar baterainya tidak cepat terkuras habis.

Terlebih lagi GPS, Bahkan GPS membuat smartphone anda bekerja mencari sinyal terus menerus melalui satelit sehingga daya baterai sangat cepat habis. Bila dibiarkan terus-menerus, kinerja gadget kesayangan akan menurun. Intinya, Anda harus bijak menggunakan fungsi-fungsi konektivitas tersebut seperlunya.

6. Lupa Matikan Smartphone 

Setiap orang butuh istirahat begitu juga smartphone butuh istirahat untuk memulihkan tenaga atau baterai serta komponen penting didalamnya agar tetap bisa bekerja dengan normal kembali.

Masih banyak yang mengabaikan hal sepele ini dengan berbagai alasan mungkin karena takut ada yang menelpon hal-hal penting lainnya yang membuat kita malas untuk sejenak mematikan atau menonaktifkan Smartphone kita.

Padahal untuk mematikan Smartphone paling tidak dilakukan hanya satu jam sehari secara rutin. Untuk member istirahat semua komponen didalam Handphone tersebut.

7. Membersihkan Smartphone 

Selalu membersihkan Smartphone anda secara berkala mungkin seminggu sekali, apakah anda tidak risih melihat banyak debu dan kotoran yang menempel di Smartphone anda sehingga mengganggu fungsi dari Touchscreen anda.

cara terbaik dalam membersihkan perangkat kesayangan Anda dengan kain lembut atau sesekali menggunakan tisu basah untuk bagian tertentu. Ingat usahakan menggunakan kain lembut karena jika menggunakan kain yang kasar malah akan merusak layar anda seperti tergores.

8. Update Software dan Aplikasi 

Setiap Smartphone pasti akan dapat pembaharuan Software dari masing-masing perusahaan pengembang, jika sudah ada notifikasi yang mengharuskan kita untuk segera melakukan update software jangan diabaikan begitu saja ini sangat penting untuk peningkatkan performa, menambahkan fitur-fitur baru hingga peningkatan keamanan dari gangguan virus ataupun hacker dari Smartphone anda.

Satu hal lagi yang jangan sampai terlewatkan adalah Jangan lupa untuk selalu melakukan update terhadap aplikasi-aplikasi yang anda miliki saat muncul notifikasi yang mengingatkan kamu untuk melakukan update.

Dengan sering melakukan update terhadap software ataupun aplikasi, pastinya performa smartphone kamu akan meningkatkan dan keamanannya lebih terjaga.

9 . Back up Data 

Sebaiknya data-data penting sebaiknya mulai dari sekarang pindahkan ke komputer atau ke hard disk untuk mengurangi resiko kawatir suatu saat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti smartphone kamu hilang.data-data penting kamu sudah dipindahkan.

Pemindahan data ini juga sangat bermaanfaat untuk menjaga kinerja smartphone kamu agar tetap terjaga. Karena jika memori anda penuh ini pasti akan mempengaruhi kinerja sistem pengoprasiannya.

10. Membiarkan Baterai Lowbat 

Jangan menunggu daya baterai anda habis baru segera dicharger ini sangat tidak di sarankan. Loh kenapa? Seperti pada point satu melakukan pengisian baterai yang berlebihan tidak baik bagi ketahanan baterai smartphone anda.

Semoga bermanfaat.

Referensi :
http://tubbin.com/10-kesalahan-fatal-pengguna-smartphone-yang-diremehkan-banyak-orang-tidak-menyadari-bahwa-banyak-kesalahan-yang-dilakukan-pada-perangkat-mobile-m/

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Hal yang perlu diketahui untuk Perawatan Smartphone

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung