Tips Mengatasi Anak Balita Rewel


Meneruskan berbagi informasi tentang mendidik anak, anak rewel sebagai orang tua butuh kesabaran ekstra, terkadang berbagai cara tidak tahu keinginan anak, berikut ini saya mencoba mengatasi dengan memberikan  hiburan anak berupa game anak, kalau anak senang kan tidak rewel itu logika saya, dan ternyata game permainan anak disamping sebagai tips untuk mengatasi anak balita rewel juga mempunyai manfaat yang penting untuk tumbuh kembang anak, berikut kutipan dari salah satu sumber berikut ulasannya 


Manfaat Permainan Edukatif


 * Melatih kemampuan motorik
Stimulasi untuk motorik halus diperoleh saat anak menjumput alat permainannya, meraba alat permainan edukatif, memegang mainan bayi dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakkan permainan edukatifnya, melempar alat peraga, mengangkat alat mainan, dan sebagainya.

* Melatih konsentrasi
Alat permainan edukatif dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi. Saat menyusun mainan kayu pasel, katakanlah, anak dituntut untuk fokus pada gambar mainan bayi atau bentuk alat peraga yang ada di depannya — ia tidak berlari-larian atau melakukan aktivitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasil menyusun mainan edukasi tidak memuaskan.

* Mengenalkan konsep sebab akibat
Contohnya, dengan memasukkan mainan kayu benda kecil ke dalam alat mainan yang besar anak akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa dimuat dalam benda yang lebih besar. Sedangkan benda yang lebih besar tidak bisa masuk ke dalam benda yang lebih kecil. Ini adalah pemahaman konsep sebab akibat mainan edukasi yang sangat mendasar.

* Melatih bahasa dan wawasan
Permainan edukatif sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat anak, yakni meningkatkan kemampuan berbahasa juga keluasan wawasannya.


* Mengenalkan warna dan bentuk
Dari alat permainan, anak dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, segiempat, bulat dengan berbagai warna; biru, merah, hijau, dan lainnya. (http://www.educativetoys.com/) 

Membaca manfaatnya, mulailah saya mencari game-game download di internet, kemudian saya instal di komputer, ternyata anak tertarik dan rewelnya jadi berkurang, bagaimana anda mau download game untuk anak klik disini

Demikian semoga bermanfaat

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengatasi Anak Balita Rewel

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung