TIM GARUDA TETAP KEBANGGAANKU


Oleh : Agus Supriyono
Owner  www.agfashop.com

Indonesia kalah lagi di Piala AFF 2012 bertemu dengan Malaysia dengan skor 2-0, komentar bermunculan di facebook, twitter, blog ada yang berkomentar marah, kecewa, ada juga yang berbesar hati tetap bangga dengan tim garuda.
Berikut ini adalah cara saya menghilangkan kekecewaan karena kekalahan Tim Garuda dengan menulis artikel untuk diposting blog. Bagi saya tetap bangga dengan Tim Indonesia, karena kekalahan ini.  banyak yang hanya bisa menghujat, bahkan jadi benci dengan sepakbola Indonesia. Meskipun kalah saya menunggu tim garuda bermain lagi di laga internasional lainnya.
Secara cepat menilai kekalahan adalah keburukan selamanya, padahal dengan kekalahan itu akan muncul intropeksi, evaluasi sehingga akan ada harapan lebih baik kedepannya. Melihat kekalahan laga tadi saya mengamati kelemahan ada pada penyelesaian akhir yang kurang efektif. Dari beberapa pertandingan gol-golnya kurang begitu sistematis dari kaki ke kaki dan lini depan tidak sesuai fungsinya tidak bisa mencetak gol.  Pemain-pemain TIM Indonesia menurut saya sangat berkualitas, tetapi kalau belum berprestasi susah dijabarkan kata-kata banyak pendapat orang berbeda-beda.
Berikut hayalan saya upaya untuk menuju Timnas yang berprestasi
Indonesia adalah negara besar, dengan jumlah penduduk yang banyak, paling banyak dibanding negara-negara di  Asia Tenggara lainnya, tapi untuk urusan sepakbola yang hanya 11 pemain, Timnas belum berprestasi juga. Berikut beberapa upaya menurut saya untuk menyeleksi Timnas yang berkualitas untuk mencapai presatasi yang membanggakan.
1. Olahraga bisa dibilang Olah raga Paling Favorit di Dunia dan sebagai media untuk mengharumkan nama bangsa, kenapa tidak diprioritaskan, kerjasama dengan dunia pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar dengan mewajibkan ektrakurikuler sepakbola, bila di perlukan dimasukan dalam kurikulum pendidikan. Adakan kompetisi mulai dari tingkatan SD untuk menyeleksi  untuk membentuk Tim Kabupaten/kota ,Kompetisi Tim Kab/Kota untuk membentuk Tim Provinsi, Kompetinsi Tim Provinsi untuk membentuk Tim Nasional, adapun penyeleksi di ambil dari Pemain Senior atau Para Pelatih yang pernah berprestasi. Kalau belum berprestasi juga ada cara lain
2. Dengan adanya ektrakulikuler pendidikan adakan kompetensi seperti seleksi artis contohnya IMB      ( Indonesia mencari bakat )
Misal Mencari Striker : seleksi pemain dengan tahapan memilih pemain dengan lari tercepat, setelah mendapat beberapa yang tercepat, diseleksi lagi yang memiliki teknik yang bagus, postur dan ketahanan tubuh yang baik
Misal Pemain Tengah : cari yang ketahanan tubuhnya paling kuat, misal mampu berlari dalam waktu terlama itulah yang masuk seleksi, karena pemain ini adalah starter dilapangan dibutuhkan pemain yang kuat. setelah terseleksi beberapa seleksi lagi yang memiliki teknis bagus.
Misal Lini Belakang : Pilih Postur yang Tinggi, kemudian kecepatan berlari, dan teknis yang bagus
Demikian saran saya, berbicara sangat mudah, tetapi mempraktekannya terkadang terdapat hambatan-hambatan yang tidak mudah untuk menyelesaikannya. Kalau masalah SDM Indonesia tidak ada masalah, kemungkinan anggaran ada permasalahan,tetapi untuk mencapai prestasi memang butuh pengorbanan.
Begitulah ulasan saya sebagai seorang yang cinta TIMNAS INDONESIA, mungkin bagi senior orang yang lebih tahu sepak bola, lebih bagus lagi dalam memberikan ide pemikiran untuk kemajuan sepakbola Indonesia.
GARUDA DIDADAKU, tontonan nomor satu saya adalah menyaksikan pertandingan laga-laga  TIM Garuda. Terima kasih kunjungannya

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIM GARUDA TETAP KEBANGGAANKU

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung