Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya


Ini Cara Mendeteksi dan Mengatasi Mobil Mogok
Besar Kecil Normal
TEMPO Interaktif, Jakarta - Mobil mogok alias berhenti dengan tiba-tiba di tengah perjalanan dan sulit dinyalakan (starter) banyak dialami oleh pengguna mobil. Bahkan, sebagian besar di antara mereka mengaku kendaraannya tidak menunjukkan gejala permasalahan saat akan diajak menempuh perjalanan.

“Umumnya mereka mengaku tidak melihat gejala mobil bakal mogok karena saat awal distarter mudah sekali aktif,” kata Daryono, Mekanik Abadi Motir, Bursa Mobil Serpong, Tangerang, Ahad, 8 Mei 2011.

Menurutnya, beberapa penyebab mobil mogok biasanya diakibatkan oleh komponen kerap luput dari perhatian pemilik. “Ketidakpedulian mereka entah karena tidak mengerti atau paham seluk beluk mobil atau karena malas karena berpikir toh komponen itu terjamin keawetannya,” ujar Daryono.

Lantas apa saja beberapa penyebab utama mobil mogok dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan Daryono :


1. Arus listrik ke terminal plus koil turun

Penyebab utama dan kerap terjadi pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.

Cara untuk mendeteksi masalah ini cukup gampang, yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik masih ada. Begitu pun sebaliknya.

Bila tidak terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel ternyata tidak bermasalah berarti koil atau platina yang rusak atau kotor.


2. Arus listrik aki lemah

Arus listrik aki yang lemah bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus, serta aki yang telah habis masa pakainya.

Bila Anda menduga bahwa aki yang bermasalah, maka langkah pendeteksian pertama yang wajib Anda lakukan adalah memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan apakah kabel tersebut telah terpasang baik atau tidak.

Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih.

Jangan lupa periksa air aki apakah volumenya cukup. Segera tambah jika kurang dari takaran.

Namun, bila aki sudah aus karena masa pakai telah habis, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.


3. Alternator aus

Peranti ini berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Oleh karena itu, bila alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Beberapa masalah yang kerap terjadi di alternator adalah :

a. Gulungan kawat tembaga putus

Beberapa kerusakan yang kerap terjadi di perangkat ini antara lain, putusnya gulungan kawat tembaga. Meski hanya satu di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik.


b. Diode putus

Biasanya terdapat enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yang bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.

c. Kabel berkarat

Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki sangat rentan berkarat. Maklum, letak alternator yang ada di bagian bawah dari mesin sangat rawan terkena kotoran dan air, akibatnya kabel menjadi getas atau korosi.

Bila itu terjadi, maka aliran listrik ke aki tidak maksimal dan mobil pun berpotensi mogok.


4. Karburator bermasalah

Penyebab mobil mogok lainnya yang kerap dialami pengguna mobil adalah karburator yang bermasalah (bagi mobil yang masih menggunakan karburator). Pada umumnya, masalah yang terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Walhasil proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.

“Ada dua hal yang menyebabkan karburator tidak bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,” kata Daryono.

Cara untuk mendeteksi masalah itu cukup gampang. Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.


5. Switcher starter aus

Peranti itu memang terlihat sepele dan kerap tidak disadari oleh pengguna atau pemilik mobil. Padahal, kemungkinan terjadinya kerusakan pada peranti ini sangat besar. Maklum, switcher paling kerap digunakan yaitu di saat pengguna mobil mulai mengaktifkan atau mematikan mesin kendaraannya.

Pada umumnya, kerusakan terjadi pada kabel yang renggang, logam kontaktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Bila Anda mengalaminya segera ganti.

Namun bila Anda mengalaminya di tengah perjalanan yang sepi dan jauh dari keramaian, maka langkah darurat adalah menyambung kabel plus dan minus starter. Caranya gunakan peniti atau kawat kecil yang tajam, kemudian sambung kedua kabel dengan peniti atau kawat kecil tersebut.

sumbser : http://www.tempo.co/read/news/2011/05/08/123332988/Ini-Cara-Mendeteksi-dan-Mengatasi-Mobil-Mogok



ketika kita sedang asyik-asyiknya di perjalanan tiba-tiba kendaraan yang kita kendarai mogok. Apalagi jika kejadian ini jauh dari bengkel. Hal pertama yang mungkin kita rasakan adalah panik menghadapi situasi ini. Untuk menghadapi situasi seperti ini ada beberapa tips yang mudah dilakukan.


Pertama, tetaplah tenang dan jangan panik, karena ketenangan akan membawa kita pada situasi berfikir rasional dalam mencari solusi. Jangan saling menyalahkan diantara crew yang ada pada kendaraan tersebut. Jadikanlah problem ini sebagai problem bersama, sehingga setiap orang berusaha untuk menyumbangkan pemikirannya dalam mencari solusi.

Kedua, pastikan bahwa kendaraan berhenti di tempat yang aman, posisi di bahu jalan dan tidak menganggu arus lalu lintas. Nyalakan lampu tanda darurat (hazard) dan pasangkan segitiga pengaman kira-kira 2 meter tepat di belakang posisi kendaraan. Hal ini bertujuan memberi isyarat pada pengguna jalan yang lain bahwa kendaraan kita sedang mengalami masalah darurat.

Ketiga, kenali penyebab mogok dengan melihat panel indikator. Masing-masing masalah mempunyai solusi berbeda. Ada beberapa indikasi yang dapat dikenali secara umum dan solusi yang mungkin dapat dilakukan antara lain:



1. Bahan Bakar

Bahan bakar habis

Metode paling sederhana untuk mengetahui volume bahan bakar minyak adalah dengan melihat indikator pengukur bahan bakar. Pastikan volume bahan bakar dalam kondisi cukup. Pada kendaraan tertentu, jika volume bahan bakar sudah melewati batas penggunaan biasanya ada lampu indikator yang menyala (lampu yang bergambar pompa bensin).
Bila pada indikator bahan bakar sudah menunjukkan posisi normal (misalnya menunjukan posisi ½ atau beberapa strip) perlu dipastikan apakah alat penunjuk ini bekerja dengan normal. Dengan cara mengketok-ketok dengan benda keras secara perlahan pada bagian bawah tangki bahan bakar. Dengarkan bunyi pukulan tersebut apakah nyaring atau terasa berat. Jika berbunyi nyaring tandanya volume bahan bakar dalam tangki bahan bakar dalam kondisi kosong. Bila bunyi terasa berat ada kemungkinan volume bahan bakar masih cukup untuk menghidupkan mesin.
Apabila volume bahan bakar kurang, sebagai solusi sudah pasti kita harus mencari penjual bahan bakar atau pompa bensin terdekat. Isilah bahan bakar sampai tangki bahan bakar secukupnya.

Tekanan bahan bakar tidak ada

Tekanan bahan bakar dapat diketahui dengan melihat pergerakan kepala baut yang terdapat pada pulsation dumper. Coba putar kunci kontak ke posis “START”, bila baut bergerak ke arah luar dapat dipastikan ada tekanan bahan bakar.

Saringan bahan bakar mampet

Bila saringan bahan bakar mampet, tekanan yang akan dikirim ke mesin akan berkurang. Jika saringan mampet, gejala awalnya adalah laju kendaraan akan tersendat-sendat. Bila dibiarkan dapat menyebabkan mesin mati.

Pompa bahan bakar mati

Pompa bahan bakar mati akan menyebabkan bahan bakar tidak dialirkan ke mesin sehingga akan mati. Untuk memastikan pompa bahan bakar bekerja dengan baik atau tidak, buka tutup tangki dan dalam waktu bersamaan “START” mesin. Dengarkan suara/getaran yang ada dalam tangki. Umur pompa bensin dapat diperpanjang dengan cara membiasakan tangki bahan bakar selalu dalam kondisi penuh. Hal ini akan mencegah timbulnya korosi pada tangki.

Selang bahan bakar bocor/pecah

Selang bahan bakar bocor/pecah akan mengakibatkan bahan bakar yang di kirim ke mesin akan berkurang baik tekanan maupun jumlahnya.



2. Mesin Over Heating

Masalah selanjutnya yang menyebabkan mesin tiba-tiba mati adalah terjadinya kenaikan temperatur mesin yang berlebihan. Hal ini dengan mudah dapat dilihat dari posisi jarum indikator temperatur mesin pada intrumen panel. Biasanya kenaikan jarum penunjuk temperatur pada posisi ½ atau kurang. Jika jarum penunjuk melebihi posisi ½ bisa dipastikan mesin mengalami over heating (kelebihan panas).



3. Tidak ada Pengapian

Syarat dari mesin bensin bisa berputar (running) pada prinsipnya ada tiga faktor, yaitu adanya tekanan kompresi yang kuat, bahan bakar cukup dan pengapian cukup besar dan tepat. Apabila tekanan kompresi dan bahan bakar normal, kemungkinan penyebab lainnya adalah sistem pengapian. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan sistem pengapian tidak bekerja normal. Secara garis besar pada sistem pengapian dibagi dalam dua bagian yaitu:
Rangkaian yang terkait dengan sirkuit primer yaitu sirkuit yang mengalirkan tegangan 12V baterai. Sirkuit ini terdiri dari baterai-sekring-kunci-ignition coil (primary coil). Untuk mencari penyebab kerusakan para sirkuit primer dengan cara menelusuri tegangan 12V baterai stand by di terminal positif ignition coil. Selama tegangan di terminal positif ignition coil sudah ada (saat kunci kontak posisi ON), dapat dipastikan sirkuit primer dalam kondisi normal.
Sirkuit lainnya adalah sirkuit sekunder atau sirkuit pembangkitan arus bertegangan tinggi 20KV – 30KV. Sirkuit ini terdiri dari komponen: ignition coil, Platina / condensor (tipe Konvensional), Igniter & pick up coil (tipe transistor/CDI), tutup distributor, rotor, kabel tegangan tinggi busi dan busi. Untuk menelusuri kelainan pada sirkuit ini terlebih dahulu harus memastikan sirkuit primer bekerja dengan normal. Adapun cara menelusurinya adalah dengan melakukan tes bunga api pada busi. Buka salah satu busi pada mesin. Kemudian sambungkan dengan kabel tegangan tinggi ignition coil. Dalam kondisi busi menempel dengan bodi mesin, start mesin. Jika terjadi percikan bunga api pada busi, artinya sirkuit primer dan sekunder bekerja normal.

Pada beberapa kasus kelainan pada sistem pengapian berasal dari tutup delco (distributor) basah karena uap air atau embun. Kejadian ini biasanya terjadi jika kendaraan melaju dalam kondisi hujan yang mengakibatkan tutup distributor berembun, atau terkena percikan air hujan.

Cara mengatasinya cukup sederhana. Buka tutup distributor, kemudian keringkan dengan menggunakan tissue atau lap kering. Jika kendaraan masih menggunakan platina, bersihkan permukaan platina tersebut menggunakan amplas atau lap kering. Lalu bersihkan lagi dengan kertas bersih.

sumber : http://herman-automotive.blogspot.com/2011/10/ketika-kita-sedang-asyik-asyiknya-di.html




Mengenal berbagai penyebab mobil mogok
Gangguan pada system pengapian biasanya terjadi pada komponen pendukungnya seperti koil


Gangguan mobil mogok sampai sekarang merupakan hal yang sering menyebabkan jengkel pemilik mobil. Lebih tidak menyenangkan lagi jika anda tidak tahu penyebabnya dan apa yang musti dilakukan. Kenali mobil anda sehingga anda bisa mendeteksi penyebab dari mogok tersebut. Beberapa penyebab mogok dan tindakan darurat yang dapat anda lakukan adalah seperti berikut ini :

Pada umumnya gangguan mogok disebabkan karena ketidakberesan pengapian atau system bahan bakar.

Gangguan pada system pengapian biasanya terjadi pada komponen pendukungnya seperti koil, CDI, platina dll. Tanda-tandanya mesin akan tersendat-sendat terlebih dahulu atau kadang-kadang terdengar letusan dari knalpot.

Gangguan pada system bahan bakar, bisa karena tak sampainya bahan bakar ke silinder atau ruang bakar. Sehingga membuat mesin langsung mati tanpa tersendat. Biasanya karena aliran bahan bakar terganggu akibat dari tersumbatnya saluran bahan bakar dari tangki. Kasus ini banyak dijumpai pada mobil berkaburator atau injeksi bahan bakar.

Sedangkan pada mobil dengan fuel injection penyebabnya bertambah lagi yakni karena adanya kerusakan pada pompa bahan bakar. Gejala tersendat bisa muncul lantaran saringan bahan bakar kotor. Biasanya tak menyebabkan mesin mati seketika dan hanya terasa pada putaran tinggi. Bila gas dilepas atau putaran mesin diturunkan, gejala ini akan berkurang atau bahkan hilang. Segera bersihkan saringan bahan bakar. Sebab jika lama dibiarkan kotoran akan terbawa ke karburator atau injector.

Tindakan Darurat :

Untuk system pengapian, lepas salah satu kabel busi dan dekatkan ke mesin. Hidupkan mesin dan perhatikan apakah ada loncatan bunga api dari kabel tegangan tinggi. Bila tak ada atau kecil sama sekali, berarti ada gangguan di system pengapian. Bila api yang dihasilkan cukup besar gangguan bukan berasal dari situ.

Untuk mengecek sampai tidaknya bahan bakar ke silinder bisa dilakukan beberapa cara. Pada mobil berkarburator, periksa aliran bensinnya dengan melepas slang bahan bakar menuju karburator. Atau dengan mengintip gelas atau mangkuk pada komponen pengabut bensin atau karburator itu untuk melihat jumlah bensin di dalamnya. Bila terisi berarti bensin masih mengalir dan kesampingkan sumbatan alirannya.

Pada mobil berinjeksi bahan bakar, selain memeriksa slang saluran bahan bakar menuju injector, cek bensin yang lewat nipel pada saluran bahan bakar.

Sumber : http://www.oto.co.id/infootomotif/tips_detail.asp?ContentID=OTO2307052000128-132248

Tips Mengatasi Mobil Mogok

Sebagai seorang yang mengemudikan mobil, pastinya Anda pernah merasakan salah satu kejadian paling tidak mengenakkan yang pernah dialami seorang pengemudi mobil yaitu mogok. Kejadian tersebut pastinya sangat menyebalkan, terutama bila Anda sedang diburu waktu untuk bisa segera sampai di suatu tempat.

Ditambah kenyataan bahwa Anda kurang paham mengenai seluk-beluk mesin, komplit sudah penderitaan.Untuk mengatasinya (terutama bagi Anda yang tidak mengerti mesin mobil), ada tips-tips singkat yang mungkin bisa dilaksanakan. Siapa tahu, dengan pengetahuan baru ini, kerusakan yang dialami mobil tidak parah dan masih bisa diakali supaya bisa jalan sampai ke bengkel terdekat. Lagipula, Anda tentunya tidak ingin mobil kesayangan (atau mungkin satu-satunya) ditaruh di sebuah tempat yang asing bukan? Berikut kiat-kiatnya:

1. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
2. Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter mobil mengecek ada power/percikan listrik atau tidak.
3. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
4. Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil siap jalan.
5. Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol, masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau bensin keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik.
6. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor. Kalau sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel langganan supaya mobil Anda bisa diderek dan diperbaiki


Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?

Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.
didik

Tips Menghadapi Over Heat

Saat asyik berkendaraan terkadang mobil sukar diajak kompromi. Terlebih jika masalahnya ternyata terletak pada mesin yang “over heat”. Dua dintara penyebab over heat yakni radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin yang tidak bekerja optimal/ rusak. Untuk kendala kedua yang disebutkan ada satu tips yang dapat Anda lakukan. Minimal mobil Anda dapat bergerak hingga mencapai bengkel terdekat.

Tips :
1. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
2. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin.
3. Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
4. Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.

Pada dasarnya tips ini bekerja dengan prinsip kendaraan Anda dapat bergerak kembali dengan sistem pendingin yang berasal dari kondensor AC. Sehingga resikonya saat kendaraan Anda dapat bergerak menuju bengkel terdekat, Anda tak dapat menikmati sejuknya AC selama dalam perjalanan.

Apa yang dituliskan diatas merupakan tips yang digunakan bagi kendaraan yang menggunakan sistem pendingin elektromotor. Dan tentu saja hal itu dapat dilakukan apabila elektormotor tidak berfungsi dengan baik.

Sementara apabila overheat terjadi akibat radiator yang bekerja kurang optimal. Jangan terburu-buru untuk membuka tutup radiator. Matikan sejenak mesin kendaraan anda dan biarkan radiator dingin. Setelah dingin, baru buka tutup radiator dan masukkan cairan pendingin ataupun air secukupnya. Sambil mengisi air kedalam radiator, upayakan agar mesin dalam keadaan hidup.
Selamat mencoba !!

Berbelanja online Perlengkapan Atribut Palang Merah Remaha kunjungi website kami di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com



Baca Juga

Comments

  1. Mantap...sangat bermanfaat. Terimakasih banyak. Semoga Anda diberikan kemudahan dalam keseharian...Amin

    ReplyDelete
  2. Mantap mas. kendala yang sering saya alamai overheat.. thanks infonya ..

    Dunia Ilmu

    ReplyDelete
  3. mayang buat bahan kalo kenapa2 mkaish ya mas

    ReplyDelete
  4. wah ini bisa ne, ane sih gak punya mobil tp syp taw kayak i tipi2 ada cewek cantik mobilnya mobogk hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung