Mengatur Keuangan Jika Gaji Pas-pasan


Oleh QM Financial | Yahoo! SHE – Rab, 15 Agu 2012 14:36 WIB

Tanya:
Saya sudah dua tahun bekerja dan tidak pernah punya tabungan karena gaji saya selalu habis untuk bayar kontrakan, bayar sekolah adik, dan kebutuhan sehari-hari. Bagaimana cara  saya agar tetap bisa menabung jika kondisi keuangan saya selalui gali lubang tutup lubang ya?

Ivy, 23 tahun


Jawab:

Hai Ivy!

Wah, sayang sekali ya. Saran saya, coba diperiksa pengeluaran bulanannya. Apa saja detail pengeluaranmu selama 3 bulan. Gunanya, untuk mengetahui yang paling besar itu pengeluaran untuk apa?

Untuk menabung, yang harus dilakukan pertama kali adalah menyisihkan 10% dari gaji (setelah zakat/perpuluhan yang Anda ikuti). sisanya baru digunakan untuk pengeluaran bulanan.

Lalu untuk yang sifatnya tahunan (seperti bayar kontrakan tahunan) maka menggunakan pendapatan tahunan seperti THR dan bonus. Jika ada utang atau cicilan, pastikan bahwa jumlahnya maksimal 35% dari total pendapatan.

Untuk kepentingan yang sifatnya pribadi atau gaya hidup, sebaiknya ada yang dikurangi. Jika masih kurang juga, mungkin perlu dipertimbangkan untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik.

Selamat mencatat pengeluaran! :)


QM Financial

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengatur Keuangan Jika Gaji Pas-pasan

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung