Memilih Sumber Passive Income yang Tepat


Oleh QM Financial | Yahoo! SHE – Kam, 2 Agu 2012 12:50 WIB
Email


Saya ingin menggunakan sebagian penghasilan saya untuk usaha tertentu yang menghasilkan passive income, di mana saya tidak perlu terlalu detail ikut serta di dalamnya. Atau mungkin menanamkan modal untuk suatu usaha tertentu yang menguntungkan. Apa saja yang perlu saya pertimbangkan sebelum saya menanam modal pada suatu usaha?
Supartha, 34 tahun, Bali


Jawab:
Halo Supartha,

Aset yang bisa memberikan passive income sering dikenal dengan istilah aset aktif. Ke depannya, aset aktif inilah yang dapat kita andalkan untuk menopang hidup tanpa kita harus bersusah payah bekerja.

Pada fase ini, kita dikatakan telah mengalami kebebasan finansial. Secara umum, kategori aset aktif bisa dibagi menjadi 3 golongan, yaitu: bisnis/usaha, paper asset, dan properti. Kita bisa mempertimbangkan aset aktif jenis apa yang akan menjadi bagian dari rencana keuangan kita.

Tentu tidak semua orang bisa membangun bisnis, atau memiliki properti yang menghasilkan uang. Seperti halnya tidak semua orang mengerti paper asset apa yang sesuai dan memberikan return yang optimal.

Disarankan agar Anda mencoba ketiga kategori aset aktif tersebut untuk mengetahui aset aktif mana yang dapat kita andalkan. Tentunya, Anda harus siap dengan berbagai risiko dari masing-masing aset tersebut.

Selain mempertimbangkan return yang dihasilkannya, Anda juga harus siap jika seandainya aset aktif yang Anda bangun harus menabrak tembok alias gagal.


Eka/QM Planner

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memilih Sumber Passive Income yang Tepat

1 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung