KUMPULAN TIPS PERAWATAN KOMPUTER, LAPTOP, NOOTBOOK

Biar mantep ane kumpulin aja berbagai tips dari berbagai sumber biar mantap gan, berikut beberapa artikelnya



6 Cara Merawat Notebook Anda

Ilmu Komputer – Dewasa ini penggunaan notebook / laptop semakin meluas disamping harga sebuah unit notebook yang sudah tidak semahal jaman dahulu. Sama halnya dengan komputer PC, notebook juga memerlukan perawatan khusus disamping bentuknya yang lebih kecil dan rentan ketimbang komputer PC.


Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat dan melindungi notebook anda agar dapat berumur sedikit lebih panjang dari seharusnya.

Gunakan Tas Pelindung Yang Baik

Umumnya anda sudah mendapatkan tas pelindung sebagai hadiah pada saat membeli notebook. Namun ada baiknya anda membeli tas pelindung yang memiliki kualitas yang baik seperti pada merek Polo, Eiger, Bodypack, Targus dll atau yang memiliki busa yang baik agar dapat melindungi secara maksimal terhadap benturan, guncangan atau bahkan pada saat terjatuh.

Tidak Menekan Layar LCD

LCD pada notebook mengandung serat-serat liquid yang mudah rusak / rentan. Oleh karena itu disarankan agar tidak menekan layar-layar pada LCD karena lapisan permukaan sangat tipis dan rawan. Terutama kontak terhadap kuku.

Beri Kipas Tambahan

Sirkulasi udara pada notebook tidak sebaik pada PC, oleh karena itu ada baiknya agar notebook anda diberi pendingin tambahan berupa kipas assesories atau kipas eksternal.

Tidak Menyalakan Notebook diatas Kasur

Pada ruang sirkulasi udara pada notebook berada dibagian bawah (sebagian disamping). Oleh karena itu pastikan agar tidak menghidupkan notebook diatas kasur, sofa dsj karena akan meningkatkan suhu notebook, karena lubang sirkulasi udara menjadi tertahan.

Maintenance Sistem Operasi

Selain perawatan secara hardware juga penting untuk melakukan perawatan secara software, yaitu pada sistem operasi windows anda agar dapat memastikan notebook anda tidak lambat dan hang. Anda dapat membaca tulisan lain mengenai Trik Lengkap – Cara Mempercepat Windows XP Hingga 200% pada halaman lainnya.

Tempatkan Notebook Anda Ditempat Yang Aman

Sebagai pemilik notebook ada baiknya bila kita menjaga dan melindungi notebook dari tempat-tempat yang rawan guncangan atau terjatuh. Untuk memaksimalkan keamanan pada notebook anda dapat pula memanfaatkan K-lock atau pengaman khusus untuk merantai laptop agar tidak dapat dibawa jauh. Pada umumnya, pada fisik notebook telah terdapat lubang untuk memasangkan K-lock / gembok.

Demikianlah informasi mengenai 6 Cara Merawat Notebook Anda. Semoga bermanfaat

Sumber : http://www.ilmu-komputer.org/6-cara-merawat-notebook-anda.html

Pentingnya Perawatan untuk PC/Komputer/Laptop/Windows - Banyak pengguna komputer atau PC (Personal Computer) yang tidak memikirkan untuk melakukan perawatan rutin baik terhadap software maupun hardware yang digunakan di komputer tersebut. Mungkin karena sebagian pengguna belum tahu dan tidak familiar dengan masalah “maintenance” ini padahal ini sangat penting.


Berikut beberapa kegiatan yang sebaiknya dilakukan secara rutin bagi pemilik PC/Komputer.
Membersihkan Hardware
Bagi pemilik komputer desktop, Casing CPU yang tempat berbagai perangkat keras terpasang harus senantiasa dirawat. Tergantung dari penempatan Casing tersebut, setelah agak lama, biasanya didalamnya akan penuh dengan debu, karena kipas yang berjalan juga akan membawa debu kedalam.
Setiap beberapa bulan atau setahun sekali sebaiknya kondisi dalam Casing senantiasa di cek, jika sudah penuh dengan debu sebaiknya segera dibersihkan. Jika mampu melepas semua komponen dan mengembalikannya satu persatu, akan lebih baik. Jika tidak, cukup dibawa ke tempat terbuka dan dibersihkan dengan kuas.

Jika tersedia kompressor, maka akan lebih mudah membersihkan komponen didalamnya. Pembersihan ini sangat penting terutama jika kipas processor atau kipas lainnya sudah penuh dengan debu, sehingga aliran udara sudah tidak bagus lagi.
Software untuk memeriksa suhu komponen komputer juga perlu menjadi koleksi sehingga setiap saat kita bisa memantau suhu berbagai komponen yang ada. Bisa menggunakan software bawaan motherbard atau software gratis lain semisal Speedfan, Hardware Monitor dan lainnya.
Perawatan Sistem (Software)
Untuk perawatan sistem komputer (software), ada berbagai rutinitas yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga komputer tetap bekerja dengan performa yang baik. diantaranya sebagai berikut :
Update Antivirus, jika komputer menggunakan antivirus, rutinkan untuk melakukan update. Karena antivirus tanpa update tidak akan bekerja efektif
Update Windows, bagi pengguna windows Original sebaiknya senantiasa rutin melakukan update baik manual maupun otomatis.
Scan Komputer dengan Antivirus, meskipun sudah terpasang antivirus, sebaiknya scan secara penuh dilakukan dengan rutin, untuk memastikan komputer bebas dari malware/virus.
Bersihkan file-file tidak terpakai, semakin lama, biasanya jumlah file di komputer semakin banyak dan sebagian mungkin tidak terpakai lagi. Rutinkan untuk memeriksa dan menghapus file yang tidak terpakai. Bisa juga menggunakan software semisal CCleaner, Glary Utilities, Advanced System Care dan lainnya (pastikan terlebih dahulu untuk untuk memeriksa pengaturan apa saja yang akan dihapus sebelum menggunakan software seperti itu)
Backup Rutin data penting, ketika komputer penuh dengan data-data penting seperti tugas, laporan, skripsi atau data lainnya, jangan lupa untuk melakukan backup. Paling mudah dengan melakukan kompresi semua data penting dengan program atau software kompresi semisal 7Zip, WInzip, Winrar dan sejenisnya.
Selanjutnya data backup bisa kita simpan di media terpisan baik HDD eksternal, CD ROM, DVD ROM atau disimpan online di “Cloud Service” semisal DropBox, Box.net dan lainnya asalkan dipastikan aman terlebih dahulu (bisa di enkripsi, memberi password zip)
Periksa program yang berjalan dengan Sistem/Windows, untuk melakukan hal ini bisa menggunakan software semisal Autoruns atau System Explorer. Jika melihat ada aplikasi yang tidak penting berjalan dengan windows sebaiknya di non aktifkan saja agar performa komputer lebih baik.
Defragment Hardisk, ketika sudah terlalu lama, hardisk perlu rutin di defragment (tetapi jangan terlalu sering). Cek terlebih dahulu apakah hardisk perlu di defragment. Bisa menggunakan program bawaan windows ( dari menu Accessories > System Tools > Disk Defragmenter) atau menggunaka software pihak ketiga semisal Defraggler atau MyDefrag
Berbagai hal-hal diatas mungkin merupakan kegiatan rutin yang bisa dilakukan setiap pengguna PC/Komputer. Dan masing-masing pengguna mungkin juga bisa melakukan rutinitas lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika ada masukan, tambahan atau saran, silahkan menambahkan melalui komentar,

semoga bermanfaat.

source : http://ebsoft.web.id

FRIDAY, APRIL 3, 2009
Trik merawat Laptop / Komputer Tahan Lama Awet

Merawat laptop / komputer kesayangan kita gampang-gampang susah, apalagi jika laptop kesayangan berhagra jutaan dan mempunyai berbagai macarm program-prohram sangat penting. Berikut beberapa tips untuk membantu melindungi PC Windows Anda dari serangan virus, spyware dan program jahat lainnya:

1. Rutin Meng-update Windows
Update selalu sistem operasi Windows Anda, dengan Microsoft Windows Update misalnya. Microsoft biasanya rutin mengeluarkan download gratis untuk membantu membereskan masalah-masalah keamanan di Windows dan Internet Explorer.

Microsoft Windows Update juga menyediakan cara untuk mengecek apakah sistem operasi Windows Anda perlu di-update. Ini termasuk program perbaikan keamanan, dan update hardware dan software. Esensinya, Windows akan tetap up-to-date untuk mencegah program jahat mengambil keuntungan dari celah keamanan Windows yang bisa merusak komputer Anda.
2. Pakailah Firewall
Terhubung ke Internet berarti komputer Anda ‘terbuka’ ke dunia luar. Hal ini memungkinkan Anda melihat situs, mengirimkan e-mail dan men-download file. Di lain sisi, ini juga memungkinkan komputer Anda ringkih terhadap serangan para hacker atau program jahat.

Instal komputer Anda dengan firewall untuk melindungi komputer dan mencegah program mengakses Internet tanpa seijin Anda. Program keamanan firewall akan membuat komputer Anda terlihat ‘invisible’ di komputer lain kecuali jika Anda membuka koneksi.
Dengan firewall, jika program di komputer Anda mencoba untuk terhubung ke Internet, maka firewall secara otomatis akan memperingatkan Anda dan memberikan opsi kepada Anda apakah mau menerima atau menolak akses tersebut.

3. Cek Virus dan Scan Komputer
Virus komputer adalah program jahat yang dirancang untuk menggangu dan bahkan merusak data komputer. Virus biasanya menyebar dengan cara menginfeksi file atau secara otomatis mengirimkan e-mail ke semua rekanan yang ada di address book Anda.

Yang perlu diingat, berhati-hatilah saat membuka e-mail attachment karena banyak virus yang melancarkan serangan dengan mengirimkan file attachment lewat e-mail. Kode virus jahat juga bisa menginfeksi file, bahkan merusak data dan menyebabkan Anda kehilangan data penting.

Rajin-rajinlah men-scan komputer Anda dengan update antivirus terbaru, guna menghindari kalau-kalau ada virus terbaru yang belum terdeteksi.

4. Hilangkan Spyware
Spyware atau yang juga dikenal dengan nama “adware”, adalah semacam program tersembunyi yang berfungsi mengirimkan informasi mengenai komputer yang terinfeksi melalui komunikasi Internet ke si pembuat spyware.

Biasanya spyware otomatis terinstal di komputer secara otomatis akibat kita men-download software tertentu dari sebuah situs.

Menghilangkan spyware adalah satu langkah penting yang perlu dilakukan dalam proses membersihkan file-file ‘yang tidak diinginkan’ dari komputer Anda. Ada banyak program yang bisa digunakan untuk menghilangkan file tersebut. Ad-aware dan Spybot Search and Destroy adalah dua contoh program yang bisa Anda gunakan.
Sumber : http://tips-tricks-merawat-komputer.blogspot.com/2009/04/trik-merawat-laptop-komputer-tahan-lama.html


Perawatan Total dan Tune Up Komputer (under Windows) dengan Freeware Pilihan
Posted by Anoenk at 11:34 PM on 12, Jan 2010


Sering kali banyak pengguna Notebook di kantor saya mengeluhkan kenapa notebooknya semakin lambat, tidak seperti saat pertama kali membelinya atau masih baru. Padahal spesifikasinya tergolong notebook yang bagus. Ya memang bagi yang sudah advanced pasti tahu bagaimana mengatasinya, sehingga tidak perlu membaca artikel ini. Namun bagi pengguna yang tidak tahu kenapa hal itu bisa terjadi, mungkin artikel ini berguna bagi anda.

Komputer itu ibarat mobil atau sepeda motor. Kalo komputer terus-menerus dipakai, tapi tidak pernah di rawat, maka bakal lemot atau nyendat-nyendat. Kalo di komputer, hal tersebut bisa dikarenakan:

Kemasukan banyak Virus dan Spyware. Tentu saja semua virus dan spyware membuat kinerja komputer semakin berat. Jika system kita terinfeksi keduanya. Dapat dipastikan kinerja komputer kita melambat
Terlalu banyaknya sisa registry dan sisa trialware yang menimbun di system karena terlalu sering melakukan instalasi dan uninstall
Terlalu banyaknya file yang menumpuk yang diakibatkan penambahan temporary file, junk file atau restore point yang tercipta tanpa sepengetahuan kita
Sebab selanjutnya adalah karena banyaknya fragment file karena penyimpanan di harddisk yang tidak berurutan, sehingga pembacaan file menjadi lambat
Terlalu banyaknya start up program yang bekerja. Hal ini kebanyakan program selalu meminta untuk selalu running ketika PC dinyalakan (terkadang langsung terlihat di system tray taskbar). Padahal kita kadang-kadang tidak memerlukannya
Terlalu cantiknya tampilan desktop kita (walau padahal saya pernah posting yang bikin XP jadi indah seperti seven)…tapi jangan terlalu disalahkan (sedikit membela diri)
Setelah mengacu pada penyebab merosotnya performa Windows kita, maka cara yang ditempuh adalah:

1. Mengatasi Virus dan Spyware

Untuk mengatasi masalah virus dengan antivirus free, gunakan saja Avira Antivir Personal. Masalah pendeteksian dan penanggulangan virus dan malware sangat baik.

Jika Anda mencari perlindungan terbaik terhadap virus, spyware dan ancaman rootkit. AntiVir sangat ringan pada sumber daya dan didukung dengan tingkat deteksi  lebih baik dari hampir semua antivirus lain sesuai dengan tes. AntiVir versi gratis memang tidak mempunyai fitur web atau e-mail . Ini hanya tersedia dalam versi dibayar. Kurangnya scanner  Web atau E-mail tidak benar-benar merugikan. Hal ini hanya berarti bahwa AntiVir tidak akan memperingatkan Anda tentang email yang terinfeksi sebelum Anda membukanya. Tapi harus Anda membuka email yang terinfeksi, AntiVir baru akan beraksi, sehingga tidak berarti bahwa Anda tidak terlindungi dari infeksi email atau file yang anda download.

Avira Antivir Personal dapat diunduh disini

2. Mengatasi Masalah Registry, temporary file, junk file

Untuk mengatasi banyaknya sisa registry dan sisa trialware yang menimbun di system karena terlalu sering melakukan instalasi dan uninstall gunakan Wise Registry Cleaner. Freeware Sangat efektif untuk membersih registry yang tersisa, semua data registry yang  tertinggal terdeteksi dengan baik, namun kelebihannya adalah Wise Registry Cleaner menggolongkan mana registry yang aman untuk dibersihkan, dan mana yang beresiko. Di samping itu backup registry dan proses pembatalan sangat baik berfungsi.

Sedangkan untuk membersihkan file temporary dan tidak berguna,  recycle bin dan uninstallasi. Untuk pilihan yang lebih lanjut dapat juga untuk membersihkan cookies, history dan dan prefecth data walau ini tidak direkomendasikan untuk pengguna awam, Ccleaner ada freeware yang paling popular.

Untuk membersihkan trialware, anda dapat menggunakan PCdecrapifier. Dengan freware ini. Trialware yang banyak menanamkan registry, misalnya untuk mengenali batas waktu trial  (mencegah instalasi berulang) akan dibersihkan.

Unduh Wise Registry Cleaner: disini

Unduh Ccleaner: disini

Unduh PCdecrapifier : disini

3. Mengatasi Banyaknya tumpukan restore point.

Banyak program yang diinstall membuat restore point, secara otomatis dan membuat makin banyaknya file dan space yang terpakai. Seharusnya anda harus rajin menghapus restore point dan melakukan update membuat 1 restore point yang anda rasa saat itu Windows anda sedang berjalan baik. Setelah membuat restore point terbaru, segeralah hapus semua restore point yang lama. Caranya adalah anda masuk ke pilihan start menu, klik accesories, klik system tools, klik Disk clean up, lalu pilih drive tempat system diinstall. Biarkan windows melakukan estimasi jumlah file yang bisa dibersihkan lalu setelah muncul kotak dialog anda klik tab more option. Perhatikan di option terakhir, terdapat opsi untuk menghapus semua restore point, kecuali yang terakhir. Nah, yakinkan ada telah membuat restore point keadaan terakhir yang baik karena setelah anda klik clean up, maka semua restore point, kecuali yang terakhir akan dihapus.

4. Mengatur Start up Program

Sekarang ini banyak program yang diinstall yang otomatis melakukan setting untuk running setelah booting. Jika program itu memang penting seperti antivirus atau antispyware sejatinya tidak apa-apa. Tapi kalau program itu tidak dibutuhkan untuk startup setelah windows berjalan tentu akan memakan kebutuhan memory.  Untuk mudahnya, dapat menggunakan system configuration windows. Untuk windows XP, klik di start menu-> run-> ketik: msconfig. Sedangkan untuk windows vista atau 7, langsung saja ketik di search bar start menu: system configuration, setelah itu pilih tab start up. Di situ contreng saja program-program yang penting untuk dijalankan windows saat start up, misalnya antivirus, hotkey driver (untuk notebook), dan driver pointing pad. Selebihnya, misal program-program updater atau program yang bisa dipanggil atau dijalankan jika memang diperlukan jangan dipilih. Sedangkan untuk aplikasi freware yang lebih advance untuk memanage startup program, anda dapat menggunakan Start up Control Panel. Freeware ini fiturnya sangat sederhana dan mudah digunakan. Tiap startup program sudah digolongkan dalam tab-tab antara lain

Startup (user) – Folder Startup pengguna yang sedang bekerja di start menu
Startup (common) – Folder Startup semua pengguna (Umum)  di start menu.
HKLM / Run – Run registry key yang terletak di HKEY_LOCAL_MACHINE. Ini bekerja untuk semua pengguna
HKCU / Run – Run registry key yang terletak HKEY_CURRENT_USER. Ini bekerja untuk pengguna yang sedang bekerja.
Services – system services yang start sebelum pengguna melakukan log in. Ini hanya tampak hanya di Win9x; on NT/2000/XP, gunakan Services control panel, atau Services item di Computer Management.
Run Once – Hanya start sekali dan hanya sekali di system start up selanjutnya.
Deleted – programs akan berpindah ke Tab Deleted jika anda menghapusnya dari tab yang lain, program-program ini tidak akan running saat startup, tapi dapat dikembalikan lagi ke tab asalnya jika anda membutuhkannya. Tapi Jika di Tab Deleted ini anda menghapusnya, maka start up program akan hilang secara permanen.
Start Up Control Panel dapat diunduh: disini

5. Melakukan Defragmentasi Hardisk
Untuk melakukan defagmentasi bisa menggunakan  tools dari bawahan windows. Sedang freeware yang direkomendasikan adalah Auslogics Disk Defrags. Fiturnya sederhana, tapi mempunyai kecepatan defragmentasi yang cepat dan hasil peningkatan performa yang memuaskan.

Unduh Auslogics Disk Defrag di sini

6. Mengorbankan Penampilan windows untuk memperoleh performa terbaik

Cara ini yang paling tidak enak untuk dilakukan. Pada Windows XP anda bisa melakukannya melalui klik kanan My  Computer, lalu pilih properties. lalu pilih tab advance, lalu klik setting di bagian performance. Kalo mau bener-bener tampilan gak penting, pindahkan saja pilihan ke best performance. Tapi tampilannya jadi seperti  windows 95 atau 98. Tapi kalo pingin masih menyisakan visual style XP, contreng saja di bagian pilihan terbawah.

7. Menggunakan Memory Optimizer

Cara ini hanya dilakukan jika memang setelah melakukan 6 langkah di atas masih belum cukup, atau memang RAM komputer anda memang benar-benar terbatas. Freeware yang terbaik alam melakukan memory optimizer adalah ClearMem. Freeware ini bekerja dengan halus dan tidak terlihat. lain halnya dengan memory optimizer lain yang bekerja dengan kasar memaksa  sebagian memory  yang tersedia bebas sehingga saat anda bekerja akan terasa tersendat-sendat. Cara kerja ClearMem ini melalui task scheduler dan secara default bekerja tiap 30 menit. Untuk lebih optimal, anda dapat merubahnya menjadi tiap 10 menit sekali (seperti yang saya lakukan) dengan mengeditnya di task scheduler (klik kanan, properties). Jangan lupa juga, default dari ClearMem hanya bekerja saat menggunakan AC power untuk Laptop. Maka lalukan setting agar ClearMem juga bekerja saat memakai tenaga batere karena ini tidak akan terlalu mengurangi kinerja batere.

ClearMem dapat diunduh disini

8. Solusi dengan uang (maksud saya untuk beli RAM)

Nah…Solusi terakhir yang paling significant memang ini. Menambah RAM adalah solusi bagi yang berkantong tebal. Tapi harap diingat bahwa hanya bermodal membeli RAM tanpa melakukan 4 langkah sebelumnya di atas, maka performa komputer juga akan menurun. Jadi tetap tidak boleh malas.

Nah….Selamat Merawat Komputer anda….

Sumber : http://anung.sunan-ampel.ac.id/?p=66


Tips Cara Merawat PC dengan OS Windows 7



Alhamdulillaah sobat, postingan kali ini Berita Terkini | Berita Terbaru akan berbagi artikel Tips Cara Merawat PC dengan OS Windows 7 yg mungkin bermanfaat bagi anda. Untuk selengkapnya tentang Tips Cara Merawat PC dengan OS Windows 7, silahkan baca di artikel di bawah ini.
Sobat blogger,sewaktu saya sedang berkeliling di alm maya ,saya ketemu artikel Tips Cara Merawat PC dengan OS  Windows 7  di blog sebelah (blog ghoeszt-x)mari kita simak bersama-sama :
Terkadang seseorang didunia ini yang mempunyai PC/Laptop di rumahnya kurang merawat atau tidak mau tau dengan keadaan PCnya asalkan bisa digunakan itu sudah cukup, pikiran seperti itu adalah salah dan harus dihilangkan. Merawat PC/Laptop adalah sangat penting tidak hanya dari luar saja tapi juga dari dalam, berikut cara-cara yang bisa anda gunakan untuk merawat Laptop kesayangan anda dirumah.

Sebelumnya saya membahasnya ada satu software yang dibutuhkan yaitu TuneUp Utilities 2012, jika anda belum mempunyainya anda bisa mendownloadnya disini. Berikut adalah cara-cara saya merawat  Laptop :

1. Disk Cleanup


Disk Cleanup adalah aplikasi operasi sistem Windows yang berguna untuk membersihkan file-file yang sudah tidak berguna lagi yang dapat membuat kinerja PC menjadi terhambat seperti : Cookies, Temporary File, Web history dan Lain-lain. Klik Start-All program-Accesories-System tools-Disc Cleanup atau buka Windows Explorer-Kliki Kanan Drive C-Properties-Disk Cleanup.


2. Gain Disk Space pada TuneUp Utilities 2012

Delete Unnecessary Files pada Gain Disk Space pada TuneUp Utilities ini berfugnsi untuk memhapus cache pada Firefox, Internet Explorer, Temporary Files, dan lain-lain.

3. Disk Defragmenter
Disk Defragmenter adalah fasilitas yang ada pada semua windows yang berfungsi untuk menata kembali file-file yang berantakan. Terkadang file-file yang sudah tertata rapi pada Windows Explorer itu sebenarnya masih berantakan, memang dari luar terlihat rapi tapi sebenarnya didalamnya sangat berantakan untuk itu fasilitas defrag ini sangat berguna. Start-All Programs-Accessories-System Tools-Disk Defragmenter.

Yang saya pakai diatas adalah Perfect Disk jadi secara tampilan tidak sama dengan yang ada pada umumnya.
Untuk cara nomer 1 dan 2 anda harus rutin melakukannya setiap hari minimal satu kali satu hari dan untuk nomer 3 minimal anda lakukan 1 minggu satu kali agar PC anda selalu dalam performa maksimal. Jika agan-agan semua punya cara lain yang lebih mantap lagi mohon untuk disharekan juga di komentar posting ini supaya kita semua bisa tau bagaimana cara merawat PC yang baik dan benar.
Semoga Tips Cara Merawat PC dengan OS  Windows 7 ini bermanfaat dan semoga berguna bagi anda

Sumber : http://fahriemje.blogspot.com/2011/10/tips-cara-merawat-pc-dengan-os-windows.html

Tips perawatan Sytem dan Mempercepat kerja Komputer Dalam bekerja sehari-hari bersama komputer, kadang dengan berbagai sebab komputer mengalami kelambatan atau bahkan kerusakan pada system komputer sehingga sangat mengganggu kinerja komputer itu sendiri maupun karyawan atau pengguna komputer. Bila komputer mengalami kelambatan system kerja ada beberapa penyebab yang perlu diwaspadai antara lain: a. karena Virus. b. Karena Perangkat hardware. c. Perawatan System (software)yang kurang. Untuk perawatan komputer dari serangan virus bisa diatasi dengan menginstal antivirus yang free ataupun yang berbayar seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya "Anti Virus Komputer". disana disediakan beberapa alamat website untuk mendownloadnya. Sedangkan untuk perangkat hardware, bagaimana cara perawatanya dan bagaimana tips-rips perawatan komputer sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya,lihat di"Tips Perawatan komputer". Pada artikel kali ini saya akan membahas "Tips perawatan system komputer",disini yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bila hardware komputer sudah siap namun tetap perlu perawatan pada system atau softwarenya,disini kususnya pada Systwm Windows XP atau Vista. Ada beberapa tips perawatan sytem seperti berikut ini: 1. Usahakan menggunakan software Windows XP atau Vista yang asli,bukan bajakan karena yang asli bisa update selalu ke internet, sehingga sewaktu waktu kebocoran pada system windows bisa ditutup dengan cara update langsung via internet.
2. Anti virus baik yang free atau bayaran sudah di install dan di update. 3. Bersihkan selalu sampah-sampah system komputer dengan program bantuan otomatis bukan manual, program ini kecil namun sangat bagus untuk merawat system, yaitu menghapus cokies internet,menghapus file-file bekas seperti bak-bak. dan paling penting bisa menghapus sisa-sisa registry saat menginstall program baru.bisa juga untuk meng un-install program. Progam ini adalah : Clean Registry bisa di download langsung di http://www.download.com/ToniArts-EasyCleaner/3000-2094_4-10529179.html Setelah itu install di komputer dan klik 2x, pilih menu : Clean Registry,Unnecessary file,clear file,clear cokies,add/remove dll. 4.Setelah selesai kemudian Install program tambahan untuk mempercepat kecepatan hardisk dan memory, program ini kecil juga namun dahsyat fungsinya, banyak menu pilihan antara lain:clean error,fix error,speed system,speed disk dll. Program ini namanya :Speeditup . Bisa di download di http://www.speeditupfree.com/ Setelah di Install jalankan programnya dengan klik 2x dan pilih menu yang tersedia. Dijamin komputer Anda 300% lebih cepat. Semoga Berhasil Good Luck Agust nasihin

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/1795564-tips-perawatan-dan-mempercepat-kerja/#ixzz1xXHFTmBP



Cara Merawat Hardware Komputer

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan tindakan perawatan terhadap komponen hardware komputer. Disini saya biasanya melakukan beberapa perawatan seperti:
Menempatkan Komputer pada tempat dengan aliran sirkulasi udara yang baik. Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya overheat hardware komputer.
Membersihkan debu secara rutin yang masuk dan menempel pada komponen hardware dalan casing CPU. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan kuas dan vacuum cleaner atau lebih baik lagi menggunakan angin dari kompresor sehingga pembersihan debu bisa maksimal. Tindakan ini dilakukan beberapa bilan sekali tergantung kondisi tiap-tiap komputer.
Menggunakan Stabilizer agar aliran listrik yang masuk ke Power Supply senantiasa terjaga kestabilannya. Atau lebih baik lagi kalau menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) sehingga bisa menjaga komputer dari kehilangan power listrik secara tiba-tiba.
Khusus untuk komputer jenis laptop saya telah menulis cara merawat laptop ini dalam artiekl 9 Tips Cara Merawat Laptop.
Cara Merawat Software Komputer

Hal kedua yang tidak kalah pentingnya tentu saja adalah merawat software atau system operasi komputer. Ada beberapa tindakan perawatan komputer secara software yang dapat kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:
Membackup system komputer.
Membackup system komputer lebih dimaksudkan sebagai tindakan preventif maintenance, agar kita lebih mudah merecovery system ketika terjadi kerusakan. Untuk membackup system ini biasanya saya menggunakan bantuan software Macrium Reflec Free Edition, EaseUs ToDo Backup atau cukup dengan menjalankan utility System Restore (Create Restore Point) sebelum dan sesudah menginstall suatu aplikasi.
Menginstall dan Menjalankan Scan Komputer dengan Antivirus.
Installah sebuah Antivirus dan lakukan Scan Komputer dengan Antivirus tersebut secara berkala. Disini saya biasanya menggunakan Free Antivirus Avast atau AVG yang terbukti cukup ampuh melindungi komputer dari infeksi virus. Selain itu gunakan juga Malware Sanner lainnya seperti Malwarebyte atau Norman Malware Cleaner untuk memastikan komputer terbebas dari virus dan malware lainnya.
Lakukan Update Windows, Update Antivirus dan Software lainnya.
Secara otomatis atau manual, lakukanlah update terhadap Windows, Antivirus dan software lainnya seperti Ms Office, Browser, Java dan aplikasi lainnya, sehingga selain menutup celah keamanan kita juga bisa menggunakan fitur terbaru dari berbagai aplikasi tersebut.
Lakukan Optimasi System.
Untuk melakukan optimasi System ini kita bisa menggunakan beberapa tools bawaan windows seperti berikut :
Disk Clean Up, untuk melakukan pembersihan file-file yang sudah tidak diperlukan.
Check Disk, untuk memeriksa dan memperbaiki system file pada hardisk.
Disk Defragmenter, untuk melakukan optimasi hardisk dengan cara menyusun ulang file-file yang "berserakan" pada hardisk.
Selain menggunakan tool bawaan Windows, untuk lebih memudahkan perawatan dan optimasi system kita juga bisa menggunakan software-software untuk optimasi windows seperti Advance System Care atau Glarry Utilities.

Demikianlah tips singkat cara merawat komputer, yang sebaiknya dilakukan secara berkala tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna Komputer. Jika ada masukan lainnya tentang cara merawat komputer ini, silahkan menambahkan melalui komentar dibawah, semoga bermanfaat.



Read more: http://www.catatanteknisi.com/2012/04/cara-merawat-komputer.html#ixzz1xXHTqzJz

Tips Merawat Laptop

Dalam belajar komputer, merawat laptop itu gampang-gampang susah. Gampang kalau ada petunjuk yang jelas, dan susah jika kita masih kelas pemula. Jika didalami tentang perawatan laptop maka ada dua macam yang harus dirawat pada laptop yaitu perawatan software dan perawatan hardware. Sama-sama ada tantangannya. Dalam artikel ini kita akan membahas tips merawat laptop hanya perawatan hardware.
Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung. Laptop adalah alat yang sangat peka dan mudah rusak ketika terkena sinar matahari langsung. Baik ketika kerja maupun ketika meletekkan laptop harus terlindung dari matahari.
Gunakan tas laptop yang aman. Ada banyak tas laptop baik yang bawaan dari toko maupun yang dibeli sendiri. Yang pasti tas lapto harus cukup aman terhadap goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.
Letakkan laptop pada media yang rata. Ketika sedang digunaka sebisanya jangan meletakkan laptop pada area yang sangan empuk karena bagian bawah laptop sirkulasi udaranya harus lancar. Jika laptop diletakkan pada media empuk maka akan sangat cepat panas.
Gunakan stabilizer. Sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan listrik tidak stabil, gunakanlah stabilizer walaupun yang standar saja.
Jauhkan dari benda yang mengandung magnetik kuat. Ketika sedang digunakan maka hindari mendekatkan laptop dengan benda magnet kuat karena bisa merusak kinerjanya.
Jauhkan dari air. Sebisa mungkin jauhkan laptop dari siraman air. Jika anda kerja sambil minum maka gelas yang anda gunakan harus dijauhkan dari laptop agar jangan sampai terjadi kecelakaan yang akhirnya menimbulkan musibah pada laptop, terutama daerah keyboard.
Jangan meletakkan sesuatu diatas laptop. Ketika sedang tidak digunakan dan disimpan diatas meja, hindari meletakkan sesuatu diatas laptop apalagi yang lumayan berat karena bisa merusak layar monitor.
Hati-hati membawa laptop. Walaupun laptop sudah mempunyai tas, namun anda harus tetap hati-hati membawa laptop. Jika anda menggunakan tas laptop ransel, jangan sampai terjadi tumbukan terlalu keras dengan badan anda.
Bersihkan secara berkala. Usahakan bahwa setiap periode tertentu anda membershkan laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk pembersihan keyboard gunakan kuas yang halus sedangkan untuk layar sudah ada pembersih khusus yang dijual di toko komputer.
Gunakan baterai seperlunya. Cara yang paling baik untuk penggunaan baterai laptop adalah membuka baterai hanya ketika listrik tidak ada jadi kalau anda menggunakan listrik lebih baik baterai dilepas dulu. Jika sebuah baterai laptop terpasang terus ketika anda menggunakan listrik untuk laptop maka umur baterai laptop tersebut tidak akan panjang dan akan cepat bocor. Misalnya pemakaian normal tanpa listrik langsung baterai bisa tahan 4 jam maka jika sudah bocor daya tahannya paling lama 1 jam saja.
Sebenarnya masih banyak tips lain untuk menjaga hardware laptop tetapi untuk sementara cukup itu saja dulu. Selamat mencoba !

Sumber : http://agussale.com/tips-merawat-laptop




Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KUMPULAN TIPS PERAWATAN KOMPUTER, LAPTOP, NOOTBOOK

1 komentar:

  1. terima kasih gan atas informasi nya

    jangan lupa juga kunjungi blog saya di

    antonrahmat.blog.stisitelkom.ac.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung