Kandungan Yang Terdapat Pada Kacang dan Manfaatya

Maaf Iklan dulu

INFORMASI PELUANG USAHA
KLIK DISINI


Kacang merupakan kudapan favorit sebagai pengusir kantuk atau bosan yang kaya akan vitamin E, asam folat, berbagai mineral, serta asam amino arginine.

Tak disangka bahwa kacang-kacangan yang kecil dapat memberi banyak manfaat kesehatan pada tubuh, mulai dari mengobati penyakit jantung, kolesterol, diabetes, kanker, menurunkan berat badan hingga mencegah pikun.

Kacang merupakan nutrisi 'pembangkit tenaga listrik’ yang banyak mengandung vitamin E, asam folat, tembaga, magnesium dan asam amino arginin, yang masing-masing memainkan peran penting dalam mencegah penyakit jantung.

Selain itu, kacang juga mengandung sterol, yaitu senyawa yang secara teratur ditambahkan ke margarin untuk mengurangi penyerapan kolesterol.

Para peneliti dari California, AS, menemukan pola makan harian yang mengandung kacang-kacangan efektif menurunkan kolesterol jahat dan mengandung sterol, komponen yang sering ditambahkan di margarin untuk mengurangi penyerapan kolesterol.

Tetapi sebaiknya pilih kacang yang tidak asin dan dalam jumlah kecil. Beberapa jenis kacang, seperti walnut atau kenari mengandung 650 kalori. Selain dikonsumsi langsung, kacang juga bisa dihancurkan agak kasar dan menjadi taburan di atas makanan.

Setiap jenis kacang memiliki manfaat berbeda. Karena itu Anda bisa memilihnya sesuai jenis pencegahan penyakit yang ingin dilakukan.

Penurun kolesterol

Para peneliti dari Universitas Loma Linda, California, menemukan kacang almond, makadamia dan kacang pecans membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Peneliti dari Kanada pada 2002 juga menemukan konsumsi 74 gram kacang almond setiap hari akan menurunkan LDL hingga 9,4%.

Almond memiliki dampak sangat positif dari kolesterol jahat. Studi membuktikan bahwa pasien yang makan almond 74 gram per hari dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sebesar 9,4%, sedangkan kacang macademia 90 gram sehari mengurangi LDL 5,3% dan kacang pecan 16,5%.

Meningkatkan kesuburan

Produksi sperma membutuhkan nutrisi spesifik yang kebanyakan tidak didapat dari menu modern, seperti selenium. Salah satu sumber selenium adalah kacang Brazil.

Dengan mengonsumsi dua atau tiga kacang Brasil yang kaya selenium tiap hari, dapat mengatasi masalah kesuburan.

Mencegah diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan kacang bisa membantu kita terhindar dari penyakit diabetes dan sindrom metabolik lainnya.

Menurut para peneliti, hal itu karena berkurangnya jumlah sel lemak (lipid) dalam darah dan berkurangnya kerusakan sel dan inflamasi.

Banyak bukti menunjukkan bahwa makan kacang tanah dapat melindungi terhadap diabetes dan sindrom metabolik lainnya, terutama batu empedu.

Kacang tanah dapat memberi perubahan yang menguntungkan dalam jumlah sel-sel lemak (lipid) dalam darah, ditambah kurangnya kerusakan sel dan inflamasi, sehingga baik untuk penderita diabetes tipa 2.


Mencegah pikun

Para peneliti dari Universitas Tuft, Boston, menemukan kandungan aplha-linolenic acid (ALA) pada kacang, dan juga polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, akan menghambat sinyal penyebab kerusakan pada jalur di otak.

Jenis kacang yang disarankan untuk mencegah penurunan daya ingat adalah almond dan kenari.

Makan 45 gram kacang kenari sehari dapat membantu gangguan memori terkait usia. kacang yang tinggi kandungan alpha-linolenic acid (ALA) dan polifenol lain yang bertindak sebagai antioksidan, dapat memblokir sinyal yang dapat menyebabkan kerusakan pada jalur otak.

Mencegah kanker

Jenis vitamin E, Gamma-tocopherol, yang terdapat dalam kacang pistachio, diyakini para ahli mampu menurunkan risiko kanker paru. Mengonsumsi kacang pistachio secara rutin juga efektif untuk mencegah penyakit jantung karena bisa menurunkan kadar LDL.

Sementara itu, Gamma-tocopherol merupakan suatu bentuk vitamin E yang ditemukan di pistachio, dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru.
Penelitian dari Departemen Epidemiologi di University of Texas menunjukkan bahwa makan pistachio setiap hari dapat bermanfaat untuk kanker paru-paru dan lainnya. (http://gayahidup.inilah.com)

4 Manfaat Makan Ngemil Kacang


4 Manfaat Makan Ngemil Kacang. Anda semua pasti tau dong dengan makanan rakyat yang satu ini . konsumsi kacang secara rutin membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan suatu istilah untuk gangguan yang menyebabkan penyakit jantung (kardio) dan pembuluh darah (vaskular). Ada tiga bentuk penyakit kardiovaskular, yakni penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular, dan penyakit vaskular perifer.


Anda dapat mengkonsumsi kacang setip hari. Namun, jangan sampai kebablasan karena terlalu banyak ngemil kacang bisa menyebabkan kegemukan. Cukup segenggam setiap hari.
Kombinasi empat studi berskala besar yang dilakukan pada 170.000 pria dan wanita menunjukkan, ngemil kacang akan mengurangi risiko serangan jantung hingga 35 persen.
Selain untuk jantung, kacang juga mengandung banyak manfaat.
1. Mengenyangkan
Jika Anda akan bepergian jauh dan mungkin ditempat yang jarang ada toko atau warung makanan anda bawa saja  kacang pistachio. Dalam 1 ons (setara dengan 28,35 gram) pistachio terkandung 160 kalori. Kandungan proteinnya juga cukup tinggi sehingga bisa mengenyangkan lebih lama.
2. Mengandung lemak sehat
Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah lemak asam tak jenuh, yang tergolong lemak baik untuk kesehatan. Kacang-kacangan juga direkomendasikan sebagai sumber omega-3 selain ikan.
3. Melangsingkan
Jika langsing adalah tujuan Anda, cobalah untuk ngemil kacang almond. Laporan yang dimuat dalam situs WebMD menyebutkan, meski jumlah kalorinya sama, kacang almond memiliki efek menurunkan berat badan.
4. Sarat antioksidan
Rasa yang gurih dan manis menjadi alasan kacang digemari. Padahal, yang tak kalah penting dari kacang adalah kandungan antioksidannya yang bisa mencegah penyakit jantung dan kanker.
Dengan mengetahui 4 Manfaat Makan Ngemil Kacang semoga bisa menjadikan anda terbuka wawasannya . Karena menurut mitos yang saya dengan bahwa makan kacang brarti segera timbul jerawat . Tentunya bagi sebagian kaum wanita sangat menghindari itu semua . Tapi dari artikel berjudul 4 Manfaat Makan Ngemil Kacang semoga bisa mengubah paradigma itu . Dengan sarat ketika mengkonsumsinya jangan berlebihan .

Tips Sehat: Manfaat 6 Nutrisi Kacang untuk Kesehatan Jantung

Makan kacang-kacangan sebagai bagian dari diet dapat berpengaruh baik bagi jantung Anda.

Kacang-kacangan yang mengandung asam lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya merupakan makanan ringan yang kaya manfaat.

Jenis kacang yang Anda makan tidak begitu penting, meskipun beberapa kacang memiliki nutrisi yang lebih baik daripada yang lain.

Anda bisa makan kacang kenari, almond, hazelnut, atau jenis kacang lain, intinya hampir setiap jenis kacang memiliki banyak gizi.

Jika Anda memiliki masalah jantung, makan kacang akan jauh lebih baik dibanding makan makanan ringan lainnya.

Kacang-kacangan dapat menurunkan LDL, low-density lipoprotein atau “kolesterol buruk” dalam darah. Kadar LDL tinggi dalam tubuh merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Makan kacang mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung fatal. Kacang juga meningkatkan kesehatan dinding arteri.

Meskipun jumlahnya bervariasi, kacang-kacangan mengandung setidaknya 6 nutrisi yang dapat menyehatkan jantung, yaitu:

1. Lemak tak jenuh

Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang-kacangan – baik lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda – dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat.

2. Asam lemak Omega-3


Kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 adalah asam lemak sehat yang dapat mencegah irama jantung tak teratur yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam berbagai jenis ikan, tetapi kacang-kacangan merupakan salah satu sumber nabati terbaik asam lemak omega-3.

3. Serat

Semua jenis kacang mengandung serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Serat juga membuat Anda merasa kenyang, sehingga makan lebih sedikit. Selain itu, serat juga diduga berperan dalam mencegah munculnya penyakit diabetes.

4. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu menghentikan pembentukan plak di pembuluh arteri. Timbunan plak di arteri dapat menyebabkan nyeri dada, penyakit arteri koroner, atau serangan jantung.

5. Plant sterol

Beberapa jenis kacang mengandung plant sterol, suatu zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Plant sterol sering ditambahkan ke dalam berbagai produk seperti margarin dan jus jeruk.

6. L-arginine

Kacang-kacangan juga merupakan sumber L-arginine, suatu zat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dinding arteri.

Cara L-arginine meningkatkan kesehatan dinding arteri adalah dengan membuatnya lebih elastis sehingga tidak rentan akan terjadinya penggumpalan darah.[]


Manfaat Kacang Bagi Jantung
Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 6.000 perempuan menemukan bahwa mereka yang makan kacang-kacangan atau selai kacang dalam jumlah banyak memotong resiko mereka akan penyakit jantung hampir setengahnya.

Para perempuan tersebut diminta untuk melengkapi kuisioner makanan setiap dua sampai empat tahun antara tahun 1980 dan 2002.

Jumlah perempuan yang menderita dari kondisi seperti serangan jantung atau stroke, atau membutuhkan perawatan revaskulerisasi untuk penyakit jantung, juga dicatat.

Secara keseluruhan, terdapat 452 "peristiwa" yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti serangan jantung atau revaskulerisasi - pembedahan untuk meningkatkan sirkulasi darah - dan 182 kasus stroke.
Para perempuan yang mengkonsumsi lebih banyak kacang-kacangan dan selai kacang di awal penelitian lebih kurus, lebih aktif secara fisik, dan cenderung lebih jarang merokok, kata para peneliti.

Setelah menyesuaikan faktor-faktor tersebut yang dapat mempengaruhi hasil, para ahli menemukan bahwa perempuan yang memakan paling tidak lima porsi kacang-kacangan atau selai kacang setiap minggu memiliki 44% resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan mengalami peristiwa seperti serangan jantung atau stroke.

Porsi tersebut ditetapkan sebesar 28g kacang-kacangan atau 16g (satu sendok makan) selai kacang.

Para peneliti, dari Havard Medical Schooldan Harvard School of Public Health di Boston, mengatakan: "Data ini memberi kesan bahwa konsumsi kacang-kacangan dan selai kacang secara sering dihubungkan dengan resiko CVD yang lebih rendah secara signifikan pada perempuan yang memiliki diabetes tipe 2."

Ellen Mason, perawat penderita penyakit jantung di British Heart Foundation, mengatakan: "Akan bermanfaat bila memasukkan kacang dalam diet kita karena kacang memiliki lemak jenuh yang rendah yang bisa meningkatkan kolesterol kita.

"Akan tetapi, produk kacang tanah bisa penuh dengan tambahan gula atau garam jadi periksalah labelnya dulu karena itu akan membatalkan manfaat positif kacang. Jangan lupa juga bahwa kacang tinggi kalori.

"Memakan lebih dari satu makanan dalam pemisahan tidak akan membuat banyak perbedaan pada kesehatan anda jika anda tidak aktif dan tidak memiliki diet yang seimbang.

"Sayangnya, mencegah penyakit jantung lebih rumit dari sekedar memakan kacang."



Sumber: http://metroaktual.com/


 Jangan Takut makan Kacang ! Ternyata ngemil kacang menyehatkan.

Maret 10, 2009 pukul 4:44 pm      · Disimpan dalam Informasi, kesehatan  and tagged: almond, bayam, biji, brokoli, bunga matahari, cegah kanker, chesnut, hazel nut, jantung, jerawat, kacang mede, kacang tanah, kacang-kacangan, kenari, kolestrol, macadamia, manfaat kacang, mineral, minyak zaitun, pecan, protein, serat, vitamin


Bagi beberapa orang, kacang mungkin memang menyebabkan jerawat. Namun manfaat kacang juga sangat banyak. Kandungan vitamin, serat, protein, dan berbagai mineral lainnya dipercaya dapat menurunkan kolesterol, menstabilkan tekanan darah, dan mencegah kanker.Kacang disini adalah berbagai jenis kacang-kacangan. Ingin tahu manfaat setiap jenis kacang?

Kacang tanah

Kacang tanah mengandung phytochemical (sejenis komposisi beta karoten) hingga 4 kali lipat dari camilan lain. Silakan pilih sesuai selera, boleh kacang panggang, kacang goreng, bahkan kacang utuh yang direbus, menurut para peneliti di Alabama A&M University. Menurut mereka, ketika dipanaskan, biji kacang akan menyerap antioksidan yang semula ada di kulitnya. Penyerapan ini terjadi di awal proses memasak. Panas dari api membantu melepaskan phytochemical, si zat super.

Almond

Almond mengandung protein tinggi, kalsium, dan seng. Uji medis menunjukkan bahwa almond dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Segenggam almond (atau 1,5 ons) merupakan sumber vitamin E dan magnesium, selain menawarkan protein, serat, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Dalam 14 gr lemak yang ditemukan dalam 1 ons almond, sekitar 64%-nya merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak baik ini memainkan peran dalam membantu menurunkan kolesterol, sama efektifnya dengan obat-obatan, demikian menurut American Heart Association.

Pecan

Pecan adalah sumber protein dan lemak tak jenuh, dikenal karena kandungan vitamin E dan kemampuannya karena efek antikanker-nya. Diet kaya kacang pecan dapat menurunkan risiko batu empedu pada wanita. Antioksidannya dapat mengurangi kolesterol tinggi dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL). Riset klinis yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition mendapati bahwa memakan segenggam pecan setiap hari membantu menurunkan tingkat kolesterol, mirip dengan yang disediakan oleh obat-obatan penurun kolesterol.

Edamame

Yang disebut edamame adalah kacang kedelai muda yang dipetik sebelum matang. Pemetikan sebelum matang inilah yang memberikan warna hijau pada bijinya. Edamame saat ini sering terlihat disajikan sebagai snack di atas meja kafe atau restoran, karena pengaruh gayahidup sehat yang ditularkan orang Jepang. Edamame memang sangat bergizi berkat kandungan proteinnya.

Kacang kenari hijau (Pistachio)

Satu ons kacang kenari setara dengan 49 butir kacang tanah, dan mengandung lebih dari 10% kebutuhan harian akan serat, vitamin B-6, thiamin, fosfor, dan tembaga. Kandungan serat 1 ons kenari lebih tinggi daripada 1/2 cangkir brokoli atau bayam, sedangkan kandungan kaliumnya setara dengan sesisir pisang. Jumlah vitamin B-6 dalam 1 ons kacang kenari sama dengan 3 ons daging babi atau ayam. Kacang kenari juga mengandung phylosterol yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari beberapa jenis kanker. Kacang ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan pada minyak zaitun.

Kacang mede

Kacang mede pada dasarnya tinggi protein dan serat, serta rendah karbohidrat. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya membantu melindungi jantung. Kacang mede juga menjadi sumber kalium, vitamin B, dan folat. Sejumlah magnesium, fosfor, selenium, dan tembaga, juga terkandung dalam kacang yang sering dinikmati sebagai snack, cokelat, maupun hidangan seperti sapo ini.

Hazelnut

Kacang hazelnut mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya mencapai hampir 91%, dan kurang dari 4% lemak jenuh. Persentase lemak tak jenuh tunggal ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat ketika hazelnut dikonsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak. Hazelnut juga kaya protein, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1, B2, C, E, folat, dan banyak gizi penting lainnya.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari biasa digunakan sebagai campuran untuk salad dan sereal, atau dikudap begitu saja seperti kwaci. Kandungan proteinnya membantu menurunkan tekanan darah. Riset juga menunjukkan bahwa diet dengan protein nabati, seperti protein yang ditemukan pada biji bunga matahari, membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Sedangkan diet tinggi protein hewani tidak menawarkan keuntungan apa pun.

Macadamia

Dilihat dari tingginya kandungan jumlah kalori, kacang makadamia kerap dianggap kurang baik bagi kesehatan. Namun, dengan takaran yang tepat, kacang ini dapat membersihkan saluran pembuluh nadi jantung. Studi terakhir menyebutkan, mengonsumsi sekitar 40 gr kacang makadamia (setara 305 kalori), kolesterol total dan kolesterol “jahat” LDL dalam tubuh menurun hingga 9% dalam waktu 5 minggu. Kandungan serat sehat dalam 40 gr kacang makadamia adalah 3,5 gr. Tip penyajian: haluskan macadamia, lalu nikmati sebagai taburan di salad, sayuran, dan yogurt.

Chestnut

Per 100 gr buah sarangan (chestnut) segar memiliki 180-200 kalori. Hal ini berarti lebih rendah daripada walnut, almond, jenis kacang lain dan buah-buahan kering. Seperti produk nabati lain, chestnut mengandung lemak tak jenuh. Kandungan karbohidratnya dapat dibandingkan dengan gandum dan nasi. Satu ons chestnut rebus atau kukus mengandung 7 mg vitamin C, chestnut kering mengandung 16,6 mg vitamin C (dua kali lipatnya).

Sumber. Kompas.com

bahaya dari kacang tanah

anda pernah makan kacang tanah dan rasanya pahit? pasti semua nya pernah namun adakah yang tahu kalau kita makan kacang yang rasanya pahit lebih dari 10 butir maka akan meyebabkan KEMATIAN!
ya benar sekali rasa pahit ini di sebabkan oleh jamur Aspergillus flavus yang dapat mengeluarkan toksin atau racun yang dapat merusak fungsi hati, yang kita tahu fungsihati itu sendiri yaitu menetralisir racun.
selamat karena hampir setiap hari semua produk dari kacang tanah dapat ditemui racun alfa toksin yang dikeluarkan oleh aspergillus flavus dari produk mall hingga jajanan pinggiran jalan yang biasa kita konsumsi seperti kecap, selai kacang, kacang goreng , kacang atom, sampai bumbu sate dan tipat yang semua mengandung kacang.
namun pada produk di atas konsentrasinya tidak menyebabkan kematian cuma merusak fungsi hati, sehingga kekebalan tubuh berkurang . dari banyak produk diatas perlu diperhatikan adalah kacang yang digunakan diusahakan agar kacang yang dipakai tidak berwarna hitam yang pastinya kalu dimakan rasanya pahit karena yang ini memiliki kandungan racun tertinggi.
selamat menikmati
Sumber : http://hattasulaiman.blogspot.com/2008/09/bahaya-dari-kacang-tanah.html

Kacang tanah, Manfaat dan Dampaknya
Kacang Tanah (Arachis hypogea L) merupakan sejenis spesies kacang-kacangan dari famili Fabaceae yang berasal dari Amerika Selatan. Kacang tanah merupakan sejenis tanaman tropika. Ia tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dan mengeluarkan daun-daun kecil.

Kacangnya pula tumbuh didalam tanah. Kacang tanah biasanya dimakan langsung tanpa diolah dan juga disajikan dalam berbagai cara seperti direbus, digoreng, dibakar, dihancurkan dan berbagai lagi tergantung selera seseorang itu mengolah makanan ini.

Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.

Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat.
Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 0ns kacang  tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.

Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.

Kajian-kajian menunjukkan kacang tanah dapat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan juga kandungan kolestrol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, penyakit keputihan dan insomnia.

Namun Kacang tanah sangat dicegah pada mereka yang menghadapi penyakit jenis kanker payudara dan yang mempunyai masalah jerawat atau acne juga dinasihatkan berhenti mengkonsumsi kacang tanah.

Kaitan dengan kadar kolesterol yang berbahaya:

Table Level Total Kolesterol darah anda:
Ideal: <200 mg/dL
Batas sebelum risiko: 200-239 mg/dL
Berisiko tinggi: >240 mg/dL

Level Kolesterol LDL anda
Ideal: <130 mg/dL
Batas: 130-159 mg/dL
Berisiko tinggi: >160 mg/dL

Level Kolesterol HDL anda
Pria umumnya dari 40 hingga 50 mg/dL
Wanita umumnya dari 50 hingga 60 mg/dL

Level Kolesterol Trigliserida anda:
Normal: <150 mg/dL
Batas Tinggi: 159-199 mg/dL
Tinggi: 200-499 mg/dL
Sangat Tinggi: >500 mg/dL

Catatan:
- Kolesterol diukur dalam miligram per deciliter darah (mg/dL)
- Total kolesterol = level LDL + level HDL
- Trigliserida adalah jumlah lemak yang bersikulasi dalam darah

Home » Kesehatan » Tips Jantung Sehat: Turunkan Kolesterol dengan Kacang Tanah!

Tips Jantung Sehat: Turunkan Kolesterol dengan Kacang Tanah!

Berbagai penelitian telah mengidentifikasi manfaat kacang tanah sebagai penurun kolesterol.

Makan sejumlah kecil kacang tanah setiap hari bisa mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan merangsang penurunan berat badan.

Kacang tanah mengandung lemak, sehingga diet kacang yang dianjurkan harus dibatasi sekitar 1 atau 2 ons kacang setiap hari.

Kabar baiknya, lemak yang terkandung dalam kacang tanah adalah lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sehingga cocok sebagai diet untuk menurunkan kolesterol.

Kacang tanah juga menawarkan manfaat kesehatan tambahan seperti antioksidan dan serat.

Berikut adalah cara menurunkan kolesterol dengan kacang tanah

1. Konsumsi kacang tanah harus didukung dengan diet rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh secara keseluruhan.

Konsumsi kacang tanah saja tidak akan berhasil menurunkan kolesterol jika tidak didukung oleh diet rendah lemak secara menyeluruh.


2. Targetkan untuk makan 1 sampai 2 ons kacang tanah setidaknya lima hari per minggu. Selain kacang tanah utuh, Anda juga bisa mengonsumsi selai kacang sebagai variasi.

3. Tambahkan selai kacang pada roti tawar untuk sarapan. Variasi penyajian seperti ini dapat menghindarkan Anda dari kebosanan. Coba variasi lain yang Anda suka.

4. Tambahkan kacang tanah pada salad atau sereal. Salad dan sereal mengandung banyak serat dan nutrisi lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

5. Bawa kacang tanah tawar sebagai camilan. Makan kacang sedikit demi sedikit sebagai camilan akan lebih ringan daripada mengkonsumsinya sekaligus.

6. Pertimbangkan untuk memasak menggunakan minyak kacang alih-alih minyak kelapa untuk mengurangi asupan lemak jenuh.

7. Usahakan untuk memasak makanan sendiri sesering mungkin alih-alih membeli makanan diluar sehingga Anda dapat mengontrol diet Anda.

Jika memungkinkan, tanyakan tentang makanan yang dimasak dengan minyak kacang ketika makan di luar untuk mendukung program diet rendah kolesterol Anda.

8. Jika mengalami alergi kacang tanah, cobalah kacang almond atau walnut yang memiliki kemampuan hampir sama dalam menurunkan kolesterol.[]

10 Manfaat Kacang Tanah buat Kesehatan

Di samping menjadi makanan bagi otak, ada jauh lebih penting manfaat kesehatan yang dapat di tawarkan kacang.
Kacang tanah adalah anggota dari keluarga kacang-kacangan yang merupakan sumber protein terbaik di kerajaan tanaman. Kacang dapat ditemukan di berbagai produk. Mereka dapat dimakan asin, kering dibakar, direbus dan bahkan mentah. Mereka dapat ditemukan dalam kacang gula, selai kacang dan permen.

Membantu Meningkatkan Kesuburan.
Kacang mengandung sejumlah asam folat. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat, sebelum dan selama awal kehamilan, akan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat saraf yang serius hingga 70%.

Bantu dalam Peraturan Gula Darah.
Seperempat cangkir kacang dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

Membantu Mencegah Batu empedu.
Mungkin mengejutkan bahwa kacang dapat membantu mencegah batu empedu. Tapi 20 tahun penelitian telah menunjukkan bahwa makan 1 ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

Membantu Fight Depresi
Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

Memori meningkatkan Power
Apakah Anda tahu apa yang dapat ditemukan dalam kacang yang memberi mereka "makanan otak" tag? Hal ini disebabkan mereka vitamin B3 atau niasin konten yang banyak manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori.
Membantu Tingkat Kolesterol Rendah
Gizi yang sama kacang yang memberikan kekuatan meningkatkan memori mereka juga membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Ditambahkan ke yang isinya tembaga mereka yang membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang kaya hati-ramah lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Meraih segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Melindungi Terhadap Umur terkait Penurunan Kognitif
Peserta penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki asupan yang paling kaya niasin makanan seperti kacang adalah 70% lebih cenderung memiliki penyakit Alzheimer dikembangkan. Seperempat cangkir sehari kacang sudah dapat pasokan hampir seperempat dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari untuk niacin.

 Kanker Perlindungan
Suatu bentuk Fitosterol yang disebut beta-sitoserol (SIT) ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk kacang. Pitosterol tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan kolesterol, mereka juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor.

Risiko Menurunkan Berat Badan
Surprise! Makan kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan risiko menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan berat badan daripada mereka yang hampir tidak pernah makan mereka.




Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kandungan Yang Terdapat Pada Kacang dan Manfaatya

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung