Tips Memilih Karir/Kerja Sesuai Dengan Temperamen


Anda Baru Lulus Sekolah atau Kuliah, anda bingung kerja apaan yang cocok, anda bisa mencoba Tips ini

Menurut rumusan Hypocrates, pada dasarnya manusia memiliki 4 unsur temperamen dalam dirinya, yaitu Sanguinis, Choleric, Melancholic, dan Phlegmatic. Menurut pendapatnya, yang juga dikuatkan oleh Immanuel Kant, manusia tidak bisa memiliki lebih dari satu temperamen secara bersamaan. Namun pada perkembangan selanjutnya, menurut penelitian Florence Littauer, setiap manusia sebenarnya memiliki keempat temperamen tersebut, hanya saja dominasinya yang berbeda. Kalaupun ada, hanya sebagai topeng. Misalnya, ada orang bertopeng kepribadian sanguinis, padahal dia sebenarnya melankolis. Ia menjadi sanguinis karena tekanan keluarga, sementara  temperamen orisinalnya yang melankolis tidak mendapatkan tempat untuk muncul. Temperamen, kerap diperhitungkan ketika kita membahas soal hubungan. Padahal dari situ, Anda juga bisa memilih karir yang cocok. Berikut ini Tipsanda.com akan membahas bagaimana tips memilih karir yang tepat sesuai dengan  temperamen Anda:

1. Jika Anda Seorang Sanguinis. Kehadiran Anda selalu mampu menghidupkan suasana. Pembawaan Anda riang gembira. Pandai berkata-kata dan suka menjadi pusat perhatian. Jiwa narsis Anda sangat kental, enggak heran foto Anda di facebook selalu berganti setiap hari. Sisi Positif: Ramah pada orang lain, pandai bergaul, punya rasa humor yang hebat, penu rasa ingin tahu, pandai menyemangati orang-orang di sekitarnya, tidak pernah kehabisan kata-kata, kreatif dan inovatif. Sisi Negatif: Moody, punya ingatan pendek, gampang terpengaruh kejadian di sekitar dan menanggapainya dengan emosi meledak-ledak tanpa pikir panjang. Lebih mengedepankan perasaan darpada pikiran dan bukan pendengar yang baik. Karir yang cocok: Bidang hiburan, party oragniszer, marketing, pekerja rumah sakit, guru, motivator, ahli pidato.

2. Jika Anda Seorang Choleric. Aktif bergerak dan berjiwa ekstrovert, meski tak seekstrover sanguinis. Dalam bertindak atau mengambil keputusan, tidak tergantung pada orang lain, bahkan seringnya malam membuat keputusan untuk orang lain. Sisi Positif: Berorientasi pada target, bisa melihat masalah secara luas, terorganisir, bergerak cepat bila dibutuhkan, dan tidak mudah patah semangat. Sisi Negatif: Tak mau disalahkan dan ingin selalu memegan kendali. Tak bisa menerima improvisasi apalagi perubahan mendadak. Seluruh waktu tersisa untuk kerja, kurang personal sehinggal kurang peka. Karir yang cocok: Potensi menjadi pengusaha andal, produser, sales, dan marketing.


3. Jika Anda Seorang Melancholic. Analitis, suka berkorban, perfectionis, sekaligus punya awerness tinggi, sensitive dan filosofis. Sangat menimkati keindahan karya seni melebihi orang lain. Introvert sekaligus ekstrovert. Perasaan Anda mudah terpancing pada kegembiraan hidup dari orang di sekitar. Namun ada kalanya Anda berubah menjadi murung, depresi dan menarik diri dari pergaulan. Sisi positif: Berorientasi pada jdwal, gila pada detil, kreatif, ekonomis, problem solver andal dan pendengar yang baik. Sisi Negatif: Memasang standar tinggi pada orang lain dan akan menganggap orang itu lemah kalau tidak bisa memenuhinya. Tidak mudah berteman karena sangat hati-hati, mudah tertekan dan suka menunda. Karir yang cocok: Pelaku seni seperti acting, penyanyi, penulis buku dan komikus. Sekaligus bisa menjadi arsitek karena suka pada diagram, graik dan hitungan-hitungan. Cocok menjadi pekerja lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan pekerja social.

4. Jika Anda Phlegmatic. Pembawaan Anda tenang. Tidak suka hal-hal yang menggebu-gebu. Namun tetap dapat bergaul dengan baik dan menjadi teman yang menyenangkan karena punya banyak informasi. Temperamen yang paling seimbang di antara yang lain. Sisi Positif: Sangant menjauhi hal0hal yang tidak menyenangkan, tidak mudah terhasut karena selalu melihat suatu peristiwa dari beragai sudut. Sisi Negatif: Karena terlalu tenangnya, perlu dipancing untuk bicara, terkesan lamban dan malas. Bagi yang belum mengenal Anda dnegna baik, Anda sering dianggap sombong. Tidak tegas sehingga terlihat tidak berpendirian. Karir yang cocok: Pustakawan, peneliti, fotografer, diplomat, akuntan, guru, ahli ilmu pengetahuan, dan bidang lain yang memerlukan ketelitian tinggi.

Bila Anda baru mencari kerja, pilih pekerjaan yang sesuai dengan temperamen Anda. Dan bila Anda seorang manajer, maka maksimalkan kemampuan anak buah berdasarkan keempat temperamen tersebut. Choleric yang berkemauan keras memproduksi hasil penemuan dan melancholic yang mempunyai bakat luar biasa, lalu mintalah seorang sanguinis menjualnya, dengan sasaran pembeli pada phlegmatic.

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Karir/Kerja Sesuai Dengan Temperamen

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung